Tuan Abdul Haris Nasution

‘Nasution Yang Ini Pasti Untuk Bobby’

Senin, 12 Oktober 2020 | 19:42 WIB

Medan, MPOL : Ketua Perwiridan Yasin 41 Kali AL Akromiyah Tuan Abdul Haris Nasution berharap Bobby Nasution dapat menggelar pesta adat suku Mandailing sebagai ungkapan syukur seandainya pasangan Bobby Aulia berhasil merebut hati masyarakat dalam Pilkada Kota Medan Desember 2020 mendatang.

“Saya bangga dengan Bobby, yang saat pesta perkawinannya saja mau membawa tampuk adatnya sebagai seorang putra Mandailing, sehingga adat istiadat suku kembali hidup dan membuat kebanggan tersendiri bagi orang Mandailing,” ujar Tuan Haris Nasution.

Tuan Haris yakin, kota ini akan semakin baik dan saling bersinerji antara satu suku dengan lainnya karena Bobby tipe seorang anak yang dididik dengan adat istiadat yang baik oleh keluarganya. Buktinya saja, dimana pun bertemu dengan rivalnya, Ir Akhyar Nasution, yang juga mencalon walikota Medan, Bobby selalu memanggilnya dengan sapaan Uda, atau paman.

Membangun kota Medan, butuh mengadopsi sebuah kearifan lokal yang positif. Salah satunya, bagi orang Mandailing, selalu mengedepankan tiga pilar atau disebut Dalihan Na Tolu yaitu : 1. Kahanggi yaitu saudara laki-laki dari garis keturunan ayah 2. Anak boru yaitu saudara perempuan dari garis keturunan ayah 3. Mora yaitu saudara laki-laki dari pihak isteri.

Artinya, kalau Bobby memimpin, dia pasti tahu diri siapa yang pantas dihormati, tidak mengambil kebijakan sedniri tanpa diskusi dan pasti melibatkan berbagai kalangan seperti tokoh adat, agama dan cerdikpandai.

“Jadi, saya ini memang untuk Bobby, Nasution yang ini pasti ke Bobby,” katanya.