Farianda Kembali Pimpin DPW PKDP Sumut

Ketum DPP: Urang Piaman Harus Kompak dan Bersatu

Senin, 30 Desember 2019 | 07:47 WIB

Medan – H. Farianda Putra Sinik, SE, dipercaya kembali menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPW PKDP) Sumatera Utara periode 2020-2025.

Farianda Putra Sinik terpilih kembali secara aklamasi pada Musyawarah Wilayah (Muswil) PKDP Sumut, Sabtu (28/12) di hall Amaliun Foodcourt Jalan Nusantara, Medan, yang dibuka Gubsu Edy Rahmayadi, diwakili Staf Gubsu yang juga Asisten II Pemprovsu, Noval Mahyar.

Terlihat hadir Ketua Umum DPP PKDP, Refrizal Sikumbang, mantan Gubsu Syamsul Arifin Kadis Kebudayaan Medan OK Zulfi, Ketua Umum BM-3 Sumut Syahruddin Ali, Dirut PT Dirga Surya Isfan Fachruddin, Dirut PD Pembangunan Putrama Alkhairi, Dir Ops PD Pembangunan Dasril Piliang, Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chan, dan tokoh Minang, Ahmad Arif.

Dalam sambutannya, Staf Gubsu Bidang Politik dan Hukum, Noval Mahyar, mengatakan Pemprovsu (Pemerintah Provinsi Sumatera Utara) siap berkerjasama dengan PKDP bersinergi membangun Sumatera Utara.

Noval menyebutkan, Pemprovsu akan memberkan bantuan dana hibah apabila PKDP telah terdaftar di Kesbangpol Linmas Sumut. “Dan mari kita bersama-sama membangun Sumut yang kita cintai agar semakin maju, sejahtera, dan bermartabat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PKDP, Refrizal Sikumbang, dalam sambutannya mengatakan PKPD adalah organisasi sosial kemasyàrakatan yang tujuannya bukan mencari keuntungan, tapi tempat mencari amal soleh karena menjalani organisasinya penuh pengorbanan.

“Jangan pernah berfikir bisa mencari keuntungan dalam memimpin PKDP. Harus ikhlas dan sabar. Dan yang penting sesama pengurus juga harus kompak agar roda organisasi berjalan dengan baik. Urang Piaman harus kompak dan bersatu,” ujar balon Bupati Padang Pariaman itu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MABMI, Dato’ Seri Syamsul Arifin, yang hadir pada acara itu, dalam sambutannya mengatakan PKDP dan MABMI (Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia) sama, yakni organisasi kesukuan yang penuh dinamika.

Dalam menjalankan organisasinya, lanjut mantan Gubsu itu, harus siap mental karena penuh tantangan bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam. Terkadang sudah baik pun kita lakukan, tetap juga dapat hujatan dari internal organisasi.

“Tapi itu jangan dijadikan masalah. Jalan saja terus. Jika ingin mencapai sesuatu, jangan lihat ke belakang. Nanti kalau sudah sampai, kàlau masih ada masalah, baru kita rapikan. Jangan ragu-ragu dalam bertindak,” tegas Dato’ Syamsul ‘Sabaht Senua Suku’.

Ketua DPW PKDP Sumut, Farianda Putra Sinik, menyampaikan sambutan usai terpilih secara aklamasi pada Muswil PKDP Sumut, Sabtu (28/12). (Rifki)

 

Sementara itu, dalam sambutannya usai terpilih, Farianda Putra Sinik, menyampaikan terimakasih atas kepada peserta muswil yang kembali mempercayainya menakhodai DPW PKDP Sumut lima tahun ke depan.

“Saya akan terus berusaha sekuat tenaga, pikiran dan waktu untuk menjalankan dan membesarkan organisasi ini. Karena amanah ini jika dijalankan secara benar, akan mendapat berkah,” ujar Farianda.

Tokoh Minang yang juga Ketua Serikat Penerbit Pers (SPS) Sumut ini mengungkapkan, dirinya tak akan mampu memegang amanah ini jika segenap tokoh-tokoh dan pengurus lainnya tidak bersinergi dan saling bahu membahu.

“Ayok kita bersinergi mengelola organisasi ini agar bisa “naik kelas”. Dan mari kita besarkan organisasi ini hingga ke basis-basis. Juga akan membentuk dan menghidupkan kembali PKDP di semua kabupaten/kota di Sumatera Utara,” ungkap Farianda.

Ketua Harian Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM-3) Sumatera Utara itu berjanji akan memperioritaskan pembangunan kantor atau ‘rumah gadang’ PKDP Sumut. “Karena soal kantor imi marwah kita. Jadi ini harus kita realisasikan, sehingga tidak menyewa lagi,” tegasnya.

Lagipula, imbuh Pemred Medan Pos itu, jika nanti kantor telah terbangun, selain fasilitas menjalankan organisasi, tentu bisa dijadikan tempat silaturahmi, tempat mengaji (kegiatan agama), olahraga, bahkan bisa jadi tempat pesta ‘urang Piaman’, dan lainnya.

Yang tak kalah pentingnya, lanjut Farianda, tahun 2020 adalah tahun politik dimana sejumlah kabupaten/kota di Sumut menggelar Pilkada. Dalam hal ini ia memintan jangan terlalu cepat memberikan dukungan pada calon tertentu.

“Saya berharap jangan terlalu cepat menyatakan dukungan mengatasnamakan PKDP. Alangkah baiknya kita berkordinasi dan diskusi terlebih dahulu untuk memutuskan siapa yang kita dulung, sehingga benar-benar mewakili suara PKDP,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Yohny Anwar, mengungkapkan muswil ini dihadiri sekitar 1.000 peserta yang berasal dari seluruh PKDP kabupaten/kota di Sumut, serta puak-puak atau organisasi kedaerahan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Sumbar, yang ada di Sumut.

“Selain agenda pemilihan Ketua DPW PKDP Sumut periode 2020-2025, muswil ini juga diharapkan melahirkan program-program kerja untuk lima tahun ke depan,” ujar Yohny, yang juga balon Wakil Walikota Medan periode 2020-2025. (Ki)