Ketua DPRD M Syafii Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PD MABMI Batu Bara

Kamis, 26 Desember 2019 | 15:03 WIB

Batu Bara – Muhammad Syafii SH terpilih menjadi Ketua PD Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kabupaten Batu Bara periode 2019-2023.
Putra melayu berusia 48 tahun yang kini juga menjabat Ketua (sementara) DPRD Batu Bara itu terpilih secara aklamasi, dalam Musyawarah Daerah (Musda) III yang dibuka oleh Bupati Ir H Zahir M.AP di gedung SMK Negeri 1 Air Putih, Minggu (22/12/2019).
Seluruh 7 utusan Pengurus Kecamatan (PC) ditambah utusan PB MABMI sebagai pemegang hak suara, memilih M Syafii secara bulat, setelah secara bulat pula menerima pertanggung jawaban Pengurus PD periode 2015-2819.
Dalam Musda dengan pimpinan sidang Badlun Alkholidi (unsur PB), Musthofal Akhyar S.Pd, (PD), Amran SH dan Aisyah (PC) dan Mustafa S.Pdi (PD AMMI) itu ketua terpilih sekaligus ditetapkan sebagai Ketua Tim Formatur. Empat anggota tim formatur lainnya masing-masing Syahril Tambusei (PB), Musthofal Akhyar (PD demisioner), Juma’ah Khaidir (PC Limapuluh) dan Matsyah (PC Sei Suka).
Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP dalam sambutan saat acara pembukaan menegaskan, agar MABMI bergerak dinamis dan membesar di Tanah Melayu tersebut. “Pemerintah (Kabupaten) ingin agar, kepengurusan ke depan bisa membawa MABMI lebih baik dari yang tetdahuku,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H Syamsul Arifin diwakili Sekretaris Umum Dr Muhammad Takari MA dalam katan sambutan dan saat menutup resmi Musda tersebut, senada memesankan agar semua jajaran MABMI Batu Bara bersatu. Ia menekankan jangan ada perpecahan di antara sesame keluarga besar MABMI, melainkan menyatukan diri dalam kebersamaan untuk turut membangun Kabupaten Batu Bara khususnya di bidang adat dan budaya sesuai peran san fungsi MABMI.

“Kalaupun ada perbedaan sehingga terkesan ada retak, retaknya adalah retak gading yang membawa keindahan. Bukan retak piring yang membawa belah,” ujar Takari menyampaikan pesan Ketua Umum.

Muhammad Syafii sendiri, dalam pidato pertamanya sebagai Ketua terpilih berkomitmen untuk membesarkan dan memajukan organisasi MABMI tersebut. Untuk itu ia mengajak segenap pengurus yang tersusun nantinya, beserta segenap jajaran PC se Kabupaten Batu Bara, bersinergi bekerja sama dan saling dukung untuk kepentingan kemajuan masyarakat Melayu, khususnya di daerah ini.
“Saya berniat kuat untuk menjadi Ketua PD MABMI Batu Bara ini berawal dari kesadaran saya, bahwa saya asli putra Batu Bara. Darah yang mengalir di nadi saya adalah darah Melayu. Jadi saya harus berusaha membangun dan membesarkan organisasi adat dan budaya Melayu, dimana saya adalah bagian darinya sendiri, untuk kepentingan kemajuan masyarakat Melayu di Tanah Melayu ini sendiri,” ujarnya yang disambut applaus secara riuh oleh segenap hadirin.
Sebelumnya Ketua panitia pelajsana Syahril Hasanil Basri S.Pd melaporkan, Musda diikuti 120 peserta dan peninjau tetdiri dari utusan PB, PD, PC dan PD AMMI Batu Bara.
Musda ini berlangsung satu hari, dalam suasana kekluargaan namun tetap dengan tampilan demokratis danbsikap kritis peaertabyg dinalis. (am)