Kapolda Irjen Pol Martuani Sormin Disambut 7 Tarian Etnis Sumut di Mapoldasu

Kamis, 19 Desember 2019 | 03:21 WIB

Medan (Medan Pos)

Irjen Pol Drs Martuani Sormin tiba di Mapoldasu, Selasa (17/12) siang. Begitu tiba, dia disambut Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto di pintu gerbang. Kedatangan jenderal bintang dua dan nyonya Risma Elisabeth br Sianturi disambut 7 tarian daerah.

Para tokoh masyarakat dari 7 etnis di Sumut termasuk marga Sormin dan marga Sianturi (Hula-hula) juga memberikan penghormatan/bulang-bulang diantaranya menyamatkan ulos dan sorta serta memberikan tongkat panaluan dan pengalungan bunga dari polisi cilik Polres Deli Serdang

Setelah itu, putra kelahiran Lobu Sonak Kec Pangaribuan Kab Tapanuli Utara 30 Mei 1963 itu disambut 7 tarian etnis yang ada di Sumatera Utara termasuk tarian sigale-gale serta jajar hormat dari pasukan kepolisian Polda Sumut, dengan dipandu Wakapoldasu Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto memperkenalkan para pejabat utama dan Kapolres/Tabes Poldasu.

Irjen Martuani Sormin adalah kali pertama menjabat di wilayah Sumut. Alumnus Akpol 1987 sebelumnya lama bertugas di Aceh, Jawa dan tanah Papua.

Seusai menyalami para PJU dan Kapolres, Kapolda Sumut Irjen Pol.Drs.Martuani Sormin. M.Si, kepada wartawan mengatakan dirinya telah menanti 32 tahun untuk bisa bertugas di Polda Sumut. Karenanya ia pun mengaku senang, dan berterimakasih kepada pemerintah yang telah menugaskannya di Sumut.

“Kalau menerut saya ini luar biasa. Karena saya butuh 32 tahun sejak lulus dari akademi kepolisian untuk bertugas di kampung saya,” ungkapnya.

Martuani pun mengaku, sambutan masyarakat Sumut kepada dirinya juga begitu luar biasa. Untuk itu, ia mengatakan, ekspektasi masyarakat kepadanya itu akan dijawabnya dengan bagaimana melayani masyarakat Sumut untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang semakin baik.

“Saya bisa memahami ekspektasi yang luar biasa dari masyarakat atas kehadiran saya agar bisa mewujudkan harapan akan hadirnya penegak hukum yang profesional, objektif dan berkeadilan, sebagaimana visi bapak Kapolri. Harapan itu harus bisa kami jawab khususnya saya sebagai penanggungjawab untuk kegiatan Kepolisian di Sumut,” jelasnya.

Namun menurut Martuani, apa yang sudah dilakukan di Sumut yang lalu sudah baik. Karenanya ia menuturkan, akan berupaya membuatnya menjadi semakin lebih baik lagi.

“Kalau rekan-rekan tanya visi dan misi saya tidak ada. Visi dan misi kami adalah mengimplementasikan visi dan misi presiden Jokowi, kemudian diterjemahkan dengan visi dan misi bapak Kapolri yang akan dilaksanakan Kapolda. Yaitu 7 program utama, dengan kata kuncinya adalah pelayanan Kamtibmas yang semakin baik,” jelasnya.

Sementara itu, jelang perayaan Natal dan tahun baru, Martuani mengatakan pihaknya akan melaksanakan operasi lilin. Begitu pula soal Pilkada, yang pada tahun 2020 secara nasional akan berlangsung 270 Pilkada di 224 Kabupaten dan 37 Kota di 9 Provinsi termasuk Sumut, Martuani mengaku akan memperioitaskan pengamanan.

“Di Sumut ada 33 Kabupaten/Kota. Jadi itu prioritas kita untuk pengamanan Pilkada,” terangnya.
Oleh karena itu Martuani berharap, instansi pemerintah daerah, alim ulama agar bersinergi untuk mewujudkan Sumut yang aman dan kondusif jelang tahun 2020 ini. Begitu juga kepada media, ia meminta agar ikut memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Karena Polda tidak mungkin sendiri, khususnya dalam cakupan pelayanan Kamtibmas dengan memberikan pelayanan penegakan hukum yang baik,” pungkasnya.

Saat disinggung mengenai ada beberapa kasus yang tertunggak menjadi atensinya, Martuani tidak mau menjelaskannya. Namun ia menyebutkan akan memberikan pelayanan penegakan hukum yang baik kepada masyarakat.

“Kalau masalah kasus, saya tidak bicara kasus tetapi dalam cakupan pelayanan Kamtibmas itu sudah termasuk di dalamnya memberi pelayanan penegakan hukum semakin baik,” jelasnya.

Diketahui, Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Drs Martuani Sormin Siregar MSi, lahir di Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara (Taput), 30 Mei 1963.

Ia merupakan alumnus Akabri 1987. Sebelum menjabat Kapoldasu, sejak 26 April 2019 menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri.

Ini Jabatan yang Pernah Diemban Irjen Martuani:

– Pamapta Kepolisian Resort Aceh Tenggara (1987)

– Kepala Satuan Sabhara Resort Aceh Tenggara Kepolisian Daerah Aceh (1988)

– Kepala Kepolisian Sektor Lawe Sigala-Gala Resort Aceh Tenggara (1989)

– Kepala Satuan Serse Narkotik Direktorat Serse Kepolisian Daerah Aceh (1992)

– Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan (1996)

– Kepala Kepolisian Sektor Metro Gambir Resor Metro Jakarta Pusat (1998)

– Kepala Bagian Pengamanan Satuan

– Direktorat Intelijen dan Pengamanan

– Kepolisian Daerah Sumatra Selatan (2002)

– Kepala Kepolisian Resort Musi Banyuasin (2003)

– Wakil Kepala Kepolisian Kota Besar Palembang (2006)

– Penyidik Utama Tk. III Direktorat III/Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri (2007)

– Direktur Reserse Kriminal Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (2010)

– Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (2011)

– Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri (2012)

– Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Maluku (2013)

– Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Jawa Barat (2014)

– Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Metro Jaya (2015)

– Widyaiswara Madya Sespim Lemdikpol (2016)

– Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi & Pengamanan Polri (2016)

– Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat (2016)

– Kepala Divisi Profesi & Pengamanan Polri (2017)

– Kepala Kepolisian Daerah Papua (2018)

– Asisten Operasi Kapolri (2019)

– sekarang Kapolda Sumut. (jos)