41 Orang Dibiayai Secara Pribadi

Bupati Langkat Lepas 52 Orang Berangkat Umroh

Kamis, 19 Desember 2019 | 03:35 WIB

Binjai – Bupati Langkat Terbit Rencana PA melepas keberangkatan 52 orang untuk melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci, Madinatul Mukaromah Arab Saudi, dari Masjid Agung Kota Binjai, Selasa (17/12/2019).

“Selamat beribadah di tanah suci, selamat menunaikan ibadah umroh, kuatkan niat dalam perjalanan dan sandarkan sepenuhnya hanya kepada Allah SWT,” begitu pesannya pada acara melepas keberangkatan para jemaah umroh tersebut.

Bupati Langkat Terbit Rencanan PA juga mendoakan agar para jamaah selalu diberikan kelancaran, kesehatan serta kemudahan untuk menunaikan semua rukun dan syarat umroh. Selain itu Bupati berpesan agar para jamaah mengawali keberangkatan ini dengan niat yang baik, dengan memperkuat kesyukuran. Juga agar memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk terus berdoa, terutama di tempat – tempat mustazab, sesuai yang disabdakan Rasullulah.

Sedangkan, untuk keluarga yang ditinggalkan, Bupati berpesan agar selalu berdoa dan jangan sampai membebani pikiran yang menjalankan umroh.

Menurut Kadis Kominfo Langkat Syahmadi, sebanyak 52 jamaah yang berangkat umroh tersebut terdiri dari 41 orang diumrohkan gratis secara pribadi oleh Bupati Langkat, selebihnya 11 orang dengan biaya pribadi atau umum. Jamaah diberangkatkan oleh travel PT Shafa Cahaya Pratama yang dipimpin oleh Ustadz H Irfan Yusuf.

“Jadi, sebelum menjadi Bupati hingga saat ini, total masyarakat Langkat yang telah diberangkatkan umroh dari biaya pribadi Bupati sebanyak 288 orang. Terdiri dari bilal mayit, penggali kubur, tokoh agama/masyarakat, guru ngaji, para qori/qariah dan warga Korpri,” ungkapnya.

EMBAN VISI MISI

Perhatian dan kepekaan Bupati Langkat terhadap nilai agama ini, sambung Syahmadi, karena Pemerintah Kabupaten Langkat mengemban visi misi menjadikan Langkat yang maju sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan.

Amanah visi dan misi tersebut, selalu ingin diwujudkan dengan semaksimal mungkin, meskipun kurang lebih masih sebelas bulan Terbit Rencana menjabat sebagai Bupati.

Untuk membuktikannya, kata mantan KadisHub itu, Bupati Langkat telah menghajikan dan mengumrohkan puluhan masyarakat Langkat dengan dana pribadi, mulai dari guru ngaji, nazir masjid, bilal mayit, penggali kubur dan ASN Pemkab Langkat. Selain itu, Bupati Langkat melaksanakan Focus Group Discussion, dengan tema membangun keselarasan Ormas/Lembaga keagamaan bersama pemerintah, dalam menjabarkan visi religius kepala daerah kabupaten Langkat 2019-2024.

Bupati Langkat, juga telah berencana untuk melakukan pembinaan mempersiapkan regenerasi pengisi masjid seperti imam, khatib dan muadzin, agar generasi Langkat menjadi generasi yang selalu menghidupkan masjid.

Bupati juga memberikan bantuan hibah dan bantuan sosial yang terdiri dari bantuan sosial operasional bagi 25 masjid se Langkat TA 2019 sebesar Rp150 juta yang diterima secara simbolis oleh masjid Asy-Syuhada Stabat. Hibah menunaikan ibadah haji bagi masyarakat teladan tahun pendaftaran 2019 oleh 3 orang bilal mayit. Bantuan sosial kepada 5000 orang guru TPQ sebesar Rp3,750 miliyar, dan kepada 1.719 orang guru MDTA sebesar Rp1.289.250.000. Kemudian bantuan CSR PT. Bank Sumut kepada Masjid Raya Stabat berupa 1 unit mesin genset senilai Rp40 juta dan Masjid Jami’ Al Amin Desa Banyumas Stabat berupa uang Rp50 juta. Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H. Sebelumnya juga hal sama telah dilakukan Bupati pada moment keagamaan sebelumnya.

Sebelumnya, Bupati juga menyerahkan bantuan setiap menjelang lebaran, kepada seluruh Bilal Mayit yang ada di Kabupaten Langkat, dengan jumlah keseluruhan 3.926 orang dan total anggarannya Rp.981.500.000, dengan masing-masing menerima Rp. 250 ribu.

Selain itu, Bupati selalu ikut menepung tawari, mengatar dan menjemput jamaah haji di pintu pesawat, juga memberikan fasilitas pelayanan kepada jamaah haji saat berangkat dan pulang, yakni menyiapkan unit mobil pengawalan dari Dishub dan unit dari Polres Langkat, unit bus pariwisata, unit truck untuk pengangkutan koper ke Asrama Haji serta mobil ambulance untuk mendampingi.

“Masih banyak lagi yang telah dilakukan Bupati Langkat, untuk wujudkan visi religius 5 tahun ke depan,” tukasnya.

Turut hadir di acara, para pejabat Pemkab Langkat lainnya, tokoh masyarakat Langkat-Binjai H Juliadi, tokoh agama dan masyarakat Binjai lainnya, pengurus BKM masjid Agung Binjai, keluarga jamaah dan undangan lainnya. (LB.02)