Kepala MAN 3 Medan Hj Nurkholida Lubis Lubis S Pd M Pd

Asesmen Diperlukan Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

Senin, 23 November 2020 | 21:00 WIB

Medan, MPOL : Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan Hj Nurkholida Lubis Lubis S Pd M Pd menyampaikan terima kasih mendalam kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI yang menggelar Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) yang dilaksanakan secara serentak oleh Kanwil Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia.

Uji kompetensi ini layak dilakukan apakah kita mampu dan mumpuni sebagai guru tenaga pengajar, kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya. Karena melalui uji kemampuan ini, kita akan tahu berapa persen guru yang siap bekerja dan berapa persen lagi yang butuh pembimbingan untuk meningkatkan profesionalismenya.

Penegasan itu disampaikan Nurkholida disela-sela AKK yang diikutinya secara serentak se Indonesia, di lab computer MAN 1 Medan, Sabtu (21/11) lalu.

Nurkholida yakin dengan asesmen ini akan tercipta sebuah pemetaan dimana guru yang kompeten dan mana pula guru, pengawas dan kepala sekolah yang perlu lebih dilatih lagi agar mampu mengabdikan dirinya dalam proses pembelajaran itu dengan baik dan professional.

Ini tentunya merupakan wujud kepedulian kementerian Agama RI dalam mewujudkan semboyan Mardaras Hebat Bermartabat. Artinya, jika gurunya hebat, kepala madrasahnya hebat, tentu upaya menciptakan lulusan madrasah yang berkualitas, unggul dan berakhlak dapat tercapai, sehingga lulusan madrasah bias lebih hebat dari lulusan lainnya. “Kan itu harapan kita semua,” tandas Kholida.

Kholida menambahkan, assessment atau disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah. (nas)