Prosesor AMD EPYC Generasi Kedua Tenagai Platform Baru Oracle Cloud Infrastructure Compute E3

Kamis, 30 April 2020 | 09:58 WIB

SANTA CLARA, California, AS, MPOL.Com: AMD (NASDAQ: AMD) telah mengumumkan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua mentenagai platform Oracle Cloud Infrastructure Compute E3, menghadirkan tingkatan baru komputasi performa tinggi untuk Oracle Cloud.

Dengan menggunakan prosesor AMD EPYC 7742, Oracle Cloud “E3 standard” dan komputasi bare metal tersedia saat ini serta memanfaatkan fitur-fitur utama dari prosesor AMD EPYC Generasi Kedua termasuk bandwidth memori[i] terkemuka dan jumlah core tertinggi untuk prosesor data center x86. Fitur-fitur ini memungkinkan platform Oracle Cloud E3 cocok untuk baik itu kegiatan beban kerja biasa maupun beban kerja bandwidth tinggi seperti analitik big data, beban kerja dengan memori intens, dan aplikasi bisnis Oracle.

“Hampir dua tahun yang lalu, kami memulai kolaborasi sukses dengan AMD yang membawa performa terdepan di industri kepada banyak pelanggan enterprise yang menjalankan beban kerja general pada Oracle Cloud Infrastructure,” kata Vinay Kumar, vice president, product management, Oracle Cloud Infrastructure dalam rilisnya yang diterima, Kamis pagi.

“Hari ini, kami meluncurkan platform Oracle Cloud E3 baru kami yang dibangun pada prosesor AMD EPYC. Pelanggan akan memiliki akses ke mesin virtual yang mendukung jumlah core lebih tinggi, peningkatan memori bandwidth, dan jumlah core tertinggi untuk setiap bare metal pada cloud publik apa pun untuk menjalankan beragam beban kerja,” tambahnya.

Sementara itu Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center and Embedded Solutions Group, AMD menjelaskan, Oracle Cloud telah menjadi mitra utama bagi AMD sejak EPYC generasi pertama, dan kami senang melanjutkan kolaborasi strategis ini dimana pada hari ini dengan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua kami yang mentenagai jajaran Oracle Cloud E3 pertama.

“Jumlah core dan memori bandwidth tinggi yang dihadirkan oleh AMD EPYC Generasi Kedua memungkinkan pelanggan kami, seperti Oracle Cloud, untuk memberikan pengguna performa dan hasil beban kerja luar biasa pada cloud,” ujarnya.

Performa Tinggi Komputasi Cloud di Oracle

Disebutkan, dengan ditenagai prosesor AMD EPYC 7742, platform Oracle Cloud E3 Platform memungkinkan pelanggan menjalankan beban kerja high performance computing (HPC) seperti simulasi resiko, modeling molekul, dan pencarian kontekstual.

Dengan menggunakan prosesor AMD EPYC 7742, platform Oracle Cloud E3 dapat memberikan lebih banyak kemampuan performa komputasi ke basis pelanggan cloud mereka yang semakin besar, termasuk:

  • Kemampuan untuk meluncurkan VM penghitung core yang lebih tinggi, yang sekarang mencakup VM hingga 64 core, masing-masing termasuk multithreading simultan, dan instance bare metal hingga 128 core.
  • Rasio core memori yang lebih tinggi untuk beban kerja memori intensif. Dengan kemampuan bandwidth tinggi dari prosesor AMD EPYC 7742, pelanggan platform E3 mendapatkan 16 GB memori per core – rasio ganda dari prosesor AMD EPYC platform E2 saat ini.

“Oracle Cloud E3 saat ini tersedia di Amerika Timur (Ashburn), Amerika Barat (Phoenix), Jerman (Frankfurt), dan Jepang Timur (Tokyo). Dalam satu kuartal setelah diluncurkan, Oracle berencana untuk mempunyai platform E3 secara lebih luas tersedia di seluruh wilayah komersialnya,” begitu diungkapkan.*