Warga Gang Sadanioga Sumbul Sukacita Jalan Lingkar Desa Diaspal

Minggu, 18 Juli 2021 | 19:48 WIB

Kabanjahe, MPOL : Masyarakat Jalan Jamin Ginting Gang Sadanioga Sumbul Kabanjahe, merasa lega dan menyambut sukacita atas pembangunan sarana umum berupa pengaspalan jalan di gang tersebut. Ini jelas mendukung gerak kehidupan rakyat Indonesia khususnya bagi warga setempat menggapai masa depan yang baik, cerah dan benar.
Hal ini disampaikan beberapa warga setempat, Bp Calvin Pangaribuan, Nd Angel Tarigan, Bp Ari, Nd Teger, Bp Kristotin dan Berliana AMP kepada awak media ini, Minggu (18/7) di Gang Sadanioga Sumbul Kabanjahe.

Dituturkan masyarakat, mereka sangat bersukacita dengan rangkaian pembangunan di Gang Sadanioga untuk mendukung peningkatan kehidupan rakyat yang makmur dan sejahtera, yang ada berdiam disini. Sehingga peran serta penduduk disini dapat mengikuti geliat gerak pembangunan yang dilaksanakan pemerintah seperti bagi saudara kami yang ada di perkotaan, yang sama-sama butuh sarana dan prasarana serta infrastruktur yang baik dan berkualitas dalam kehidupan sehari-hari, ujar Bp Calvin.
Tambah warga, dimana pengaspalan jalan tersebut diperkirakan sepanjang 400 m, yakni, jalan baru sepanjang 200 m dan pengaspalan jalan yang telah rusak sepanjang 200 m. Pengaspalan sangat berarti dan bermanfaat, dimana selama ini sangat didambakan warga setempat dan sekitar untuk mendukung pembangunan infrastruktur di tempat ini.
Seperti yang diuraikannya, Gang Sadanioga ini menjadi lokasi pemukiman baru bagi warga yang bekerja di kota Kabanjahe dan sesuai dengan perkembangan populasi manusia. Tadinya lokasi ini dibuka sebagai lokasi pemukiman baru pada akhir tahun 2003 lalu, dengan membangun satu unit rumah tinggal kediamannya yang sebelumnya lahan perladangan, tutur Bp Calvin lagi.
Dan pengaspalan ini, juga mendukung infrastruktur jalan lingkar atau jalan usaha tani dan jalan menuju rumah ibadah gereja warga dari dalam pemukiman menghindari jalan besar, untuk dilewati kendaraan bermotor sedang maupun berjalan kaki, dari Gang Palding Simpang Sumbul menuju Gang Lau Rimo, menuju Gang Sada nioga sampai rumah ibadah dan lokasi Retreat Ora et Labora Community Sumbul tembus ke Simpang Kaban Kabanjahe, tutur warga.
Warga mengucapkan terima kasih kepada pihak Gereja Ora et Labora Center dan Keluarga Bp Sabet Ginting yang merelakan haknya melepaskan kepemilikan lahan yang terkena pelebaran jalan pada tikungan jalan untuk bisa dilewati kendaraan sedang, dari Tuhan lah beroleh berkat atas kebaikannya, ujar Bp Calvin diamini warga lainnya.
Pada kesempatan ini, warga masih terus bermohon kepada pemerintah untuk mendukung pembangunan bidang spiritual, pembinaan atau peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sarana dan prasarana khususnya infrastruktur mendukung lokasi pemukiman baru warga berupa, pemasangan pipa air minum, lampu penerangan jalan, pembangunan jalan berupa aspal, semen beton atau paving blok, peningkatan jalan penghubung dari Gang Sada nioga ke Gang Lau Rimo Sumbul, ujar Bp Calvin Pangaribuan berharap. **