Walikota Tebing Tinggi: Pers Juga Berperan Dalam Penanganan Covid-19

Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:03 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan minta awak media atau insan pers khususnya yang bertugas di Kota Tebingtinggi terus turut mensosialisasikan penerapan Protokol Kesehatan di masyarakat.
Demikian disampaikan Walikota Tebingtinggi kepada MPOL, Selasa (17/8/2021) usai memimpin upacara bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Tebingtinggi. Menurut Walikota, Pers juga dapat berperan dalam upaya penanganan Covid-19.
“Saya mohon bantuan dari rekan-rekan pers semuanya, bahwa masker itu wajib, jaga jarak itu wajib, bersih cuci tangan itu juga wajib, itu yang kita harapkan agar dapat diterapkan di masyarakat,” ujar Walikota.
Menurut Walikota, dalam upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Tebingtinggi, Pemerintah Kota sudah mengikuti petunjuk Pemerintah Pusat bahwa pembatasan-pembatasan dilakukan.
“Terutama seperti yang disampaikan Bapak Gubernur bahwa, tidak ada pesta-pesta, pertemuan atau rapat-rapat yang sifatnya mengumpulkan orang sampai tanggal 23 Agustus ini. Nanti kita lihat bagaimana situasinya setelah tanggal 23, dan nantinya kita patuh terhadap apa yang disampaikan oleh pemerintah pusat,” kata Walikota.
Terkait sanksi Prokes Walikota menegaskan, kita belum punya Perda tetapi punya Perwa, sebenarnya bukan sanksi yang kita utamakan tetapi kesadaran masyarakat terhadap Protokol Kesehatan.
Untuk itu diharapkan peran serta Pers dalam menyampaikan himbauan pemerintah mengenai penerapan Protokol Kesehatan, yang saat ini sudah menjadi prilaku kebiasaan baru di masyarakat, agar upaya penanganan Covid-19 di Tebingtinggi dapat berjalan dengan baik, tutup Walikota. **