Wabup  Samosir Juang Sinaga Buka Peningkatan SDM Pengurus Koperasi dan UMKM 

Senin, 10 Agustus 2020 | 15:38 WIB
Samosir, MPOL: Koperasi sebagai badan usaha harus mampu menyesuaikan tuntutan zaman sesuai dinamika ekonomi, strategi persaingan bisnis dan pentingnya para pengurus untuk mengikuti perkembangan teknologi yang telah membawa perubahan perilaku ekonomi masyarakat dalam berproduksi dan berkonsumsi.
        Acara dihadiri Wakil  Bupati ((Wabup) Samosir Juang Sinaga,Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provsu Drs. Unggul Sitanggang, M.Si,Kadis Nakerkoperindag Samosir Vikbon H. Simbolon,S. Pd, Kabid Koperasi dan UKM Resmin Situmorang,SE.,MM. dan peserta pelatihan koperasi. Senin (10/82020) di Hotel JTS Parbaba  Samosir.
        Kadis Nakerkoperindag Vikbon Simbolon dalam laporannya sebelum melaksanakan kegiatan ini para peserta harus memenuhi protokol kesehatan dan sosial distancing.
        Tujuan pelatihan ini kepada pengurus koperasi adalah untuk meningkatkan kualitas SDM,dan program peningkatan kapasitas koperasi.
         Peningkatan kemampuan pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Samosir harus  disiplin ,Semua anggota pengurus,pengawas harus disiplin,anggotanya tidak taat dan sebaliknya pengawas disiplin tapi anggotanya tidak disiplin sama saja tidak ada kerjasama, untuk mencapai  ini  kita mengajak nara sumber untuk memberikan arahan.
        Perlu satu komitmen untuk menjalankan koperasi dengan terbuka dan kejujuran semua pengurus,pengawas dan anggota,sebut Wakil Bupati Juang Sinaga.
        Gubsu Edy Rahmayadi menekankan agar dinas Koperasi Sumatera Utara mencari koperasi yang sehat,dan tetap melakukan Rapat Anggota Tahunan sehingga mampu berkembang di era digital globalisasi.
        Kondisi koperasi Sumut berdasarkan online Data System Per Juli 2020 jumlah koperasi  di Sumut 11.777 Unit yang aktif 4.194.dan Kabupaten Samosir 142 Unit yang aktif 31 Unit untuk itu kita benahi kedepan dan membentuk koperasi sektor riil.
        Mewujudkan koperasi yang sehat adalah mempunyai jumlah anggota,keaktifan anggota serta produktivitas anggota,harus menjaga keselamatan harta/kekayaan koperasi,sebut Kabid Drs. Unggul Sitanggang,M. Si.
        Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI melalui Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga memberikan Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada Koperasi Pos Pariwisata yang diterima Sekretaris Herbin Sinaga dan KSP Persatuan Wredatama Republik Indonesia diterima Jabolas Simbolon didampingi Sekretaris Parman Simbolon.
        Pengawas KSP PWRI Jabolas Simbolon kepada Wartawan menjelaskan koperasi dibawah naungannya selalu di awasi dan tetap melakukan RAT Tahunan,kedepan akan semakin baik dari yang  sebelumnya.**