Wabup Asahan Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Yonif 126/KC Dalam Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG 

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:43 WIB
Kisaran, MPOL : Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi bersama Ketua DPRD H. Baharuddin Harahap, SH, MH, Kapolres AKBP. Putu Yudha Prawira,SIK, MH, Dandim 0208/AS, Kajari Asahan dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kisaran hadiri upacara pengantaran Satgas Yonif 126/KC dalam rangka operasi pengamanan perbatasan sektor utara RI- PNG bertempat di lapangan Mako Yonif 126/KC Kecamatan Sei Balai, Kamis (28/10/2021).
Upacara pengantaran Satgas Yonif 226/KC itu dipimpin Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM. Pada kesempatan itu Pangdam I/BB menyampaikan para prajurit Satgas Yonif 126/KC setelah melewati tahapan latihan dan peninjauan dari komando atas, dinyatakan siap melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.
Dikatakan, kepercayaan bangsa dan Negara yang telah diberikan kepada Yonif 126/KC, merupakan kehormatan dan kebanggaan dengan harapan  mampu mengemban tugas mulia ini demi keutuhan dan kedaulatan NKRI.
”Kita ketahui wilayah perbatasan merupakan daerah rawan, dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Mereka tidak segan-segan menyerang aparat khususnya anggota TNI dan Polri, sudah banyak korban akibat kelalaian dan menganggap remeh situasi yang terjadi di sana, sehingga mengakibatkan jatuhnya korban terus bertambah”, ucap Pangdam.
Oleh karena itu diperlukan  kewaspadaan dan kesungguhan dari seluruh prajurit di perbatasan untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan dengan baik. “Saya perintahkan kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas, guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai dengan prosedur yang berlaku,” tegasnya.
Diakhir amanatnya Pangdam I/BB memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani oleh seluruh prajurit Satgas Yonif 126/KC dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) antara lain, pelihara keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas dimanapun berada.
“Laksanakan tugas ini dengan memadukan operasi teritorial dan operasi intelijen serta operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku, Hormati adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati dan hati rakyat sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat dan kehadiran kalian dapat diterima masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan, tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi”, pungkas Pangdam I/BB. **