Tugu Prasasti Sejarah TMMD Ke 109 Kodim 0210/TU Dibangun

Rabu, 21 Oktober 2020 | 09:46 WIB

Humbahas, MPOL:Tugu prasasti TMMD ke 109 Kodim 0210/TU telah dibangun bertanda kegiatan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa membuka jalan sepanjang 5 KM dan pembangunan tiga unit gorong-gorong telah selesai dan rampung 100 persen.

Pembuatan prasasti tersebut merupakan saksi sejarah atas pelaksanaan TMMD Kodim 0210/TU di Desa Sihastoruan, Desa Hasugian, Desa Marpadan dan Dusun Gaman di Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Prasasti itu juga nantinya akan menceritakan banyak hal tentang perjuangan dan gotong-royong TNI Kodim 0210/TU bersama warga menyelesaikan seluruh pekerjaan hingga tuntas.

Kini, warga tiga desa dan satu dusun tersebut sudah bisa menikmati pembukaan jalan walau masih dengan berjalan kaki dan sepeda motor.

Dan untuk pendistribusian hasil pertanian dan sumber daya alam sudah lebih cepat ke pasar Tarabintang dan Parlilitan bahkan ke Dolok Sanggul.

Warga masyarakat saat ini terbantu secara ekonomi dengan terbukanya jalan tembus penghubung antar desa.

Sebelumnya, warga harus menempuh jalan lingkar dan jauh untuk mengangkut hasil pertanian maupun hasil kebunnya.

Tuga prasasti itu dibangun persis di titik nol pembukaan jalan di Desa Sihastoruan.

” Inilah sejarah bagi kami warga dengan dibangunnya tugu prasasti TMMD Kodim 0210/TU,” ujar Kades Sihastoruan Juha Meha kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).(TU.01)