TP PKK Gelar Pelatihan Personality Development Seni Komunikasi dan Berbicara Dengan Hati

Rabu, 15 Desember 2021 | 23:55 WIB

Pakpak Bharat, MPOL : Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pakpak Bharat melalui Ketuanya Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor mengajak segenap anggota agar senantiasa mampu menggunakan cara-cara berkomunikasi yang elegant dan santun serta bisa diterima lawan bicara baik dalam kehidupan keluarga ataupun dalam membina hubungan dengan orang-orang disekitar.

Hal itu sangat penting mengingat seni berkomunikasi ini merupakan bagian dari upaya pengembangan kepribadian (Personality Development) dan juga menggali potensi-potensi yang dimiliki seseorang.

“Kita sengaja menyelenggarakan pelatihan untuk memberikan pemahaman bagi para peserta, khususnya ibu-ibu PKK tentang arti pentingnya mengembangkan kepribadian dan potensi diri serta berbagai aspek yang diperlukan penerapannya dalam pergaulan terutama dalam rumah tangga kita sendiri,” kata Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Rabu (15/12) di Ruang Rapat Nusantara, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat.

Lebih jauh Ketua TP PKK menjelaskan bahwa hakekat berkomunikasi yang sesungguhnya adalah dengan menggunakan hati, pikiran dan jiwa dalam satu nada sehingga tercapai tujuan dari sebuah komunikasi.

Berbicara belum tentu berkomunikasi, maka yang disebut dengan berkomunikasi itu adalah berbicara dengan hati. Namun lebih sering kita enggan berbicara dengan hati, orangtua, guru, para pimpinan misalnya enggan melakukannya karena khawatir kehilangan wibawa, apalagi kita sering melihat paksaan lebih cepat memperbaiki keadaan walau terbukti perubahan yang kita harapkan tidak bertahan lama. Sementara berbicara dengan hati walau butuh waktu dan kesabaran terbukti jauh lebih efektif mencapai tujuan komunikasi, dan inilah yang sering disebut seni berkomunikasi,” ujar Nia.

Dikatakan, kegiatan yang diselenggarakan kali ini menyasar seluruh anggota TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat dengan mendatangkan para pembicara yang sangat ahli dan berpengalaman. Direncanakan kegiatan serupa akan diselenggarakan kembali ditingkat Kecamatan dan tingkat Desa.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Pakpak Bharat Prof. Srimunda Murni menjelaskan, salah satu poin penting dalam pelatihan Personality Development ini adalah upaya merubah pola pikir dikalangan ibu-ibu PKK yang menjadi salah satu kunci sukses membina keluarga sejahtera.

Bagaimana kita dapat berubah? Salah satunya adalah dengan memperbaiki mindset: growth mindset bukan fixed mindset, untuk berubah kita butuh dipaksa dan paksaan yang paling efektif adalah dari diri sendiri. Maka mulailah dari memberi label yang baik terhadap diri dan paksa diri untuk mengaktualisasikannya,” ungkap Prof. Sriminda Murni yang juga istri Wakil Bupati Pakpak Bharat ini. **