Wagubsu : Kunjungan Menteri PAREKRAF Bangkitkan Geliat Pariwisata dan Ekonomi

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:15 WIB

 

Tebing Tinggi, MPOL : Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menyampaikan, kami dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara seluruh masyarakat Sumatera Utara berterimakasih atas kunjungan Menteri Sandiaga Uno, yang begitu luar biasanya perhatian kepada Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan Wagubsu saat mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MENPAREKRAF) RI, Sandiaga Uno, Kamis (23/6/2022) di Rumah Adat Melayu Sri Penantian, Jalan Badak Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi, Kota Tebingtinggi.

Menurut Wagubsu, kehadiran Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif di Sumatera Utara pasti akan berefek khususnya geliat parawisata. “Kalau lah sudah Menteri yang turun, dan Mas Sandi bukan sekedar turun, tetapi memperhatikan apa-apa yang perlu dibantu untuk kami didaerah,” ujar Wagubsu.

Kami di provinsi tentunya tidak mampu seluruhnya didaerah Kabupaten/kota kami, untuk bisa kami menggerakkan, khususnya ekonomi. Parawisata ini adalah bagian daripada membangkitkan ekonomi juga. “Mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak disini, kami semakin bersemangat untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif kita,” harap Wagubsu.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan, saat ini kita dalam situasi yang cukup menantang karena selepas pandemi ini, krisis pangan dan energi mulai terasa membebani. Para ibu-ibu mengeluh karena harga pokok naik.

Tapi saya yakin, kita sudah membuat beberapa terobosan agar usaha ini kita berikan inovasi, dan dari pengalaman saya sebagai pengusaha, sebenarnya saya yakin pemerintah akan mampu bergandengan tangan untuk menciptakan lapangan kerja.

“Sektor prekonomian kreatif ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja. Mari sama-sama kita berkolaborasi agar budaya ini bisa terus dinikmati hingga anak cucu dan dapat mensejahterakan masyarakat kita,” kata Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, salah satu produk unggulan souvenir Indonesia adalah kerajinan kain songket. Jadi mudah-mudahan nantinya bisa dilakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan kerajinan kain songket.

Terkait pemasaran hasil industri UMKM, Sandiaga Uno menjelaskan, kami memulai program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Jika Pemerintah daerah bisa menggagas e-Katalog Lokal dan e-Katalog Sektoral, sehingga produk-produk ini bisa dibeli oleh pemerintah.

Karena kata Sandiaga Uno, kita memiliki keperluan sekitar 500 triliun untuk souvenir, mungkin untuk perjalanan tamu-tamu negara, itu bisa kita arahkan untuk katalog-katalog ini bisa dibeli oleh seluruh 514 kabupaten/kota.

“Jadi saya sangat mendukung jika programnya nanti bisa kita sandingkan kedalam program ‘Gerakan Bangga Buatan Indonesia’ yang kebetulan saya ketua hariannya. Nanti akan saya tindaklanjuti,” ucap Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan itu Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengungkapkan, kunjungan ini akan menjadi motivasi kami untuk melakukan dan meningkatkan UMKM kami setelah kemarin kita sama-sama ketahui kondisi Covid telah membuat ekonomi kita terpuruk.

“Jadi dengan demikian kami nantinya juga akan berkonsultasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif bagaimana selanjutnya kami mempromosikan produk-produk kami di Tebingtinggi ini,” ujar Pj Wali Kota.

Demikian juga dengan Bapak Wakil Gubernur Sumatera Utara, kami juga mohon dukungan dari provinsi, sehingga Tebingtinggi ini bisa lebih berkembang, harap Dimiyathi.

Dalam kunjungannya, Menteri Parekraf Sandiaga Uno bersama Wagubsu dan Pj Walikota Tebingtinggi berkeliling meninjau stand UMKM produk lokal. **