Pemko Tebing Tinggi Launching Vaksinasi PMK

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:18 WIB

 

Tebing Tinggi, MPOL : Pemerintah Kota Tebingtinggi resmi melaunching vaksinasi terhadap hewan ternak. Vaksinasi ini dalam rangka penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi Hewan Ruminansia Berkuku Genap/Belah, Kamis (14/7/2022) bertempat di Kantor Lurah Karya Jaya Tebingtinggi.

Launching vaksinasi PMK dihadiri Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, Wakapolres Tebingtinggi Kompol A.R. Sembiring, Danramil 13 T.T Kapten Inf. Budiono, Kasi Pertanian dan Ketapang Provinsi Sumut drh. Sugeng Kalbar, Kadis Ketapang Kota Tebing Tinggi Marimbun Marpaung, Camat, Lurah, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga masyarakat pemilik hewan ternak.

Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi menegaskan, bahwa saat ini belum selesai wabah Covid-19 kita sudah menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku terhadap hewan ternak. Penyakit ini tengah mewabah di Indonesia, menyerang hewan ternak dari mulai sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular terhadap hewan lainnya.

“Kepada ibu Kadis Pertanian dan Ketapang, apabila hewan ternak yang sehat dan tidak terjangkit PMK, agar hewan tersebut dijadikan 1 tempat saja, untuk mencegah merebaknya wabah PMK ini,” ujar Dimiyathi.

Pj. Wali Kota juga mengungkapkan bahwa hasil penelitian sampai saat ini belum diketahui dampak langsung dari PMK dan LSD tersebut terhadap manusia. Namun, pemerintah tidak berhenti untuk terus melakukan penelitian.

Guna menghindari merebaknya permasalahan PMK dan LSD, Pj. Wali Kota berharap adanya kerjasama antara masyarakat/ peternak dengan pemerintah kota.

“Hari ini sifatnya masih launching perdana, mungkin untuk selanjutnya di Kecamatan – Kecamatan lain. Tolong bersama kita bergerak, bersama kita tuntaskan ini, sebelum PMK dan LSD ini merebak seperti Covid-19. Kepala Lingkungan dan Kelurahan, agar melaporkan apabila ada kasus baru, supaya segera dilakukan antisipasi langkah penanggulangan,” ujar Pj. Wali Kota.

Sementara itu, Wakapolres Tebingtinggi Kompol AR Sembiring menyampaikan, saat ini Kota Tevingtinggi untuk pertama kalinya melaksanakan vaksinasi terhadap Penyakit Mulut dan Kuku terhadap hewan ternak.

“Kami menghimbau kepada bapak ibu yang yang mempunyai hewan ternak, agar hewan ternaknya di vaksin demi kesehatan hewan ternak. Mari kita dukung program pemerintah saat ini dalam penanggulangan wabah penyakit PMK,” ajak Waka Polres.

Kadis Pertanian dan Ketapang Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung dalam lapirannya menyampaikan, kegiatan pelaksanaan vaksinasi terhadap hewan Rumaninsia Berkuku Genap/Belah ini untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku.

“Bahwa saat ini Kota Tebingtinggi mendapat vaksin sebanyak 100 dosis. Saat ini di Kota Tebingtinggi hewan ternak yang terjangkit penyakit PMK ada di Kelurahan Tanjung Marulak Hilir sebanyak 5 ekor dan di Kelurahan Mekar Sentosa sebanyak 3 ekor, sehingga hewan ternak yang terjangkit wabah PMK di Kota Tebingtinggi berjumlah 8 ekor,” jelas Marimbun.

Launching vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku terhadap hewan ternak ini ditandai dengan penyerahan vaksin kepada tim vaksinator dari Dinas Pertanian dan Ketapang oleh Pj Wali Kota Tebingtinggi.

Vaksin yang digunakan untuk hewan ini berjenis Aftopor dan dosis yang disuntikan sebanyak 2 ml. Hewan yang dilakukan divaksin tahap pertama sebanyak 100 ekor lembu ternak warga yang tersebar di 3 kelurahan yang berada di Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi. **