Diajak #Cari_aman, Pengguna Motor  Tebing Tinggi Antusias Ikuti Edukasi

Jumat, 3 Juni 2022 | 21:01 WIB
T. Tinggi, MPOL : Semangat sinergi bagi negeri mewujudkan keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya terus dikobarkan PT Indako Trading Coy selaku main delaer Honda di wilayah Sumatera Utara melalui berbagai aktivitas edukasi dan kampanye #Cari_aman ke berbagai lapisan masyarakat.
Seperti halnya aktivitas Saety Riding for Motor Cycle User yang digelar tim keselamatan berkendara (Safety Riding) Honda pada Minggu, 29 Mei 2022, di Café Baye Tebing Tinggi.
Pada edukasi beremakan  “#Cari_aman saat di Jalan” ini, tim safety riding dan dealer Honda Usaha Sungai Mas berupaya menumbuhkan kesadaran para pengguna motor Honda untuk selalu mengedepankan keselamatan saat berkendara bersama motor kesayangan di jalan, dengan menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket.
Mematuhi protokol kesehatan, upaya memperkaya wawasan peserta edukasi dilakukan para instruktur safety riding Honda dengan menyajikan sejumlah materi yang dapat menjadi acuan bagi peserta untuk #Cari_aman. Sebut saja pelatihan dasar berkendara seperti halnya teknik menikung, teknik pengereman, dan menjaga keseimbangan, serta postur tubuh yang benar baik saat berkendara sendiri maupun berboncengan.
Untuk dapat mengukur sejauh mana pengetahuan peserta tentang safety riding, maka tim Honda terlebih dahulu memberikan Pre-test yang dilanjutkan dengan pemberian materi, dan diakhiri kembali dengan pemberian post-test dan sejumlah kuis berhadiah.
Para peserta juga dibekali dengan dengan cara memprediksi bahaya langsung, tidak langsung, dan bahaya tersembunyi. Dimana bahaya langsung adalah bahaya yang dapat terlihat dan tepat berada di depan kendaraan kita, dan bahaya tidak langsung adalah bahaya yang mulai membutuhkan kesaiapan dan predikasi pengendara.
Sedangkan bahaya tersembunyi merupakan potensi bahaya yang sangat membutuhkan prediksi situasi karena dapat terjadi secara tiba-tiba kapan dan dimana saja.
Nursal, salah satu peserta edukasi, mengungkapkan edukasi keselamatan berkendara yang diberikan Honda kepada para pengguna kendaraan roda dua di kota Tebing Tinggi ini tentunya merupakan aktivitas yang sangat positif, mengingat semakin meningkatnya angka kecelakaan yang didominasi para pengguna motor.
Harapannya aktivitas ini akan terus digelar, sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang tersadarkan akan pentingnya menjaga keselamatan dan menjaga ketertiban di jalan raya.
Sementara itu, Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy, mengungkapkan melalui edukasi ini pihaknya ingin bersinergi bersama-sama dengan masyarakat Tebing Tinggi dalam mewujudkan ketertiban berlalu lintas dengan sehingga tercipta budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jalan.
“Dengan semangat Satu Hati, aktivitas edukasi safety riding merupakan salah satu cara Honda untuk berkontribusi menemani dan mengajak masyarakat untuk bersama mewujudkan budaya keselamatan dan keamanan berkendara dengan selalu #Cari_aman di masa pandemi,“ ujar Eka Yolahati. **