Taput Raih 4 Kategori Terbaik Desa Percontohan PKK Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Senin, 30 November 2020 | 17:17 WIB

Taput MPOL: Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) meraih 4 Kategori terbaik dalam perlombaan desa percontohan PKK tingkat Propinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Dalam perlombaan itu, 10 desa binaan ketua TP PKK Taput Nyonya Satika Nikson Nababan itu ikut bersaing dengan 33 kabupaten/kota.

Hasilnya, hanya 4 desa yang meraih penghargaan dari 10 kategori yang diperlombakan.

Desa Sibaganding Kecamatan Pahae Julu juara pertama untuk kategori Lingkungan Bersih dan Sehat.

Desa Pagaran Lambung 3 Kecamatan Adiankoting juara kedua atas kategori PTP2WKSS (Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera).

Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborong-borong menjadi juara ketiga atas kategori POSYANDU dan Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon juara harapan dua atas kategori IVA.

Pemberian hadiah untuk kategori PTP2WKSS dan IVA Test diberikan langsung oleh ketua TP PKK Sumut Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Senin (30/11/2020) di Pendopo Rumah Dinas Gunernur.

Sementara untuk hadiah kategori Lingkungan Bersih Dan Sehat serta Posyandu akan dilaksanakan pada Akhir Desember ini.

” Atas pencapaian 4 desa meraih yang terbaik tidak lepas dari peran ketua TP PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan yang selalu melakukan komunikasi dan bertindak aktif terhadap 10 desa tersebut dengan cara melakukan pembinaan dengan turun langsung ke desa,” ujar Kadis PMD Taput melalui Kabid Kelembagaan Lammiduk Sinaga, SP kepada media ini, Senin (30/11/2020).

Juga peran Dinas PMD Taput melalui bidang kelembagaan yang terus eksis melakukan pembinaan-pembinaan ke desa dengan menerapkan indikator yang akan diperlombakan.

” Penilaian terhadap desa yang juara ditentukan tim penilai dari PKK Propinsi Sumut dan OPD terkait,” kata Lammiduk Sinaga, SP yang ikut mendampingi Kepala Desa dalam penerimaan hadiah tersebut. **