Turun Ke Dusun, Bupati Nikson Berdiskus Untuk Mendengar Secara Langsung Keinginan Masyarakat Garoga- Pangaribuan Untuk Pemerataan Pembangunan

Rabu, 24 Februari 2021 | 21:03 WIB

Taput, MPOL: Ingin pembangunan terarah dan tersentuh hingga ke dusun-dusun, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si harus menginap supaya dapat mendengar secara langsung apa yang telah dirasakan masyarakat untuk kemajuan.

Perjalanan menyisir dusun di Kecamatan Garoga menjadi tidak menyurutkan semangat bagi seorang Nikson Nababan untuk duduk bersama sambil berdiskusi tentang pembangunan.

Senin (22/2) bersama Sekda Indra Sahat Simaremare ,M. Si dan beberapa pimpinan OPD harus nginap bersama di Dusun Batu Mamak untuk melihat dan mendengar langsung apa yang dirasakan masyarakat.

Bupati Taput itupun duduk bersama dengan masyarakat Batu Mamak pada sebuah diskusi hangat di Halaman Sekolah SD.

” Dari mendengar dan melihat langsung di tengah masyarakat Dusun Batu Mamak, saya banyak belajar untuk membuat suatu kebijakan program pembangunan di Dusun ini. Ada beberapa infrastruktur yang akan saya benahi, termasuk perbatasan Dusun Batu Mamak dengan Tapanuli Selatan,” ungkap Nikson Nababan.

Bupati menyampaikan, bahwa mewujudkan sebuah Universitas, yakni UNTARA adalah sebuah harapan untuk percepatan kemajuan menjadi Peta Kemakmuran.

” Ini harapan besar menjadi sebuah trigger guna merangsang semua sektor untuk peningkatan perekonomian,” tegasnya.

Duduk bersama, makan bersama, menyusuri bersama Dusun Batu Mamak menjadi sebuah pelajaran dan pengalaman indah bagi saya.

” Merasakan langsung apa yang mereka rasakan ketika menyusuri jalan ke Batu Mamak. Mendengar langsung keinginan dari sebuah ketulusan menghilangkan lelah menyusuri dusun ini,” ungkapnya.

Melalui pertemuan duduk bersama ini, saya banyak mengetahui langsung apa yang dirasakan dan dibutuhkan masyarakat, saya dapat merasakan ketulusan dan keikhlasan masyarakat Batu Mamak.

Besoknya Selasa, (23/2) Bupati bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Dusun Sibudil Desa Batu Manumpak Kecamatan Pangaribuan.

Bersama ketua DPRD Taput Ir Poltak Pakapahan, bupati tinjau kondisi infrastruktur dan sarana prasarana lainnya, kondisi rumah penduduk yang perlu mendapat bedah rumah dan mendengar langsung dari masyarakat apa yang dibutuhkan masyarakat Dusun Sibudil.

” Saya sengaja turun langsung ke Dusun Sibudil, mendengar langsung, melihat langsung dan memahami secara nyata apa yang mereka butuhkan, seperti apa harapan mereka. Senang rasanya bisa hadir di tengah tengah masyarakat Sibudil, walau melewati medan berat tetap bahagia bisa berbaur dengan mereka,” ujar Nikson Nababan.

Di Dusun Sibudil, bupati menyampaikan harapannya untuk segera menuntaskan infrastruktur di Desa Sibudil.

” Dulu pertama saya kesini, saya harus menggunakan kendaraan roda dua karena jalan hanya setapak, setelah itu saya lakukan pembukaan dan perkerasan jalan. Saat ini, saya sudah bisa menggunakan kendaraan roda empat, walau belum mulus. Selanjutnya ini akan kita tuntaskan hingga 2024,” derainya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan berupa bibit jagung, alat alat olahraga untuk Karang Taruna, buku tulis bagi anak didik SD dan SMP Desa Manumpak dan juga makanan tambahan bagi ibu hamil dan Balita.

Kepada media ini, Rabu (24/2) melalui pesan singkat Whatss Appnya membenarkan dan mengapresiasi keinginan masyarakat yang diutarakan secara langsung saat berdiskusi bersama untuk pemerataan pembangunan.**