Kolaborasi Dua Putra Terbaik Golkan Anggaran Di Kementrian PUPR Tuntaskan Krisis Air Minum di Taput

Rabu, 28 September 2022 | 21:13 WIB

 

Taput, MPOL-Masyarakat Tapanuli Utara harus bangga memiliki pemimpin yang tidak pernah lelah untuk memperjuangkan rakyatnya.

Ditengah Indonesia dihadapkan pada pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat paska Pandemi Covid 19, pembangunan di Tapanuli Utara terus berkelanjutan.

Salah satunya pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) untuk menyokong ancaman krisis air minum yang selama puluhan tahun menjadi sebuah ancaman.

Perjuangan kolaborasi dua putra terbaik Taput Drs. Nikson Nababan dan Ir.Sukur Nababan membuahkan hasil menggolkan anggaran dari Kementrian PUPR untuk pembangunan SPAM dan IPA demi mengatasi krisis air minum di Tapanuli Utara.

Tahun 2021 Kementrian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara telah membangun Intalasi Pengelolaan Air (IPA) dan Jaringan Distribusi Utama (JDU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Sipoholon dan Tarutung untuk menyuplai air minum di tiga kecamatan (Tarutung, Sipoholon, Siatas Barita).

Melalui kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II telah membangun intake, reservoar dan pipa transmisi yang menelan biaya Rp. 70 M dari anggaran APBN tahun 2021.

Tidak sampai disitu, perjuangan anggota DPR RI Sukur Nababan yang all out membangun Taput kembali membuahkan hasil.

Lanjutan pembangunan SPAM IKK Tarutung yang rupiah murni, tidak utang kembali dikucurkan melalui anggaran APBN tahun 2022/2023 sebesar Rp.44, 2 M.

Proyek multi years pembangunan SPAM IKK Tarutung senilai Rp 44,2 Miliar itu akan membangun tiga paket kontrak.

Paket pertama akan membangun jaringan perpipaan dan bangunan pendukung SPAM IKK Tarutung senilai Rp. 30 M oleh PT. Monhas Andesrabat sebagai penyedia jasa.

Membangun peningkatan IPA struktur baja kapasitas 50 liter per detik senilai Rp. 12,7 M oleh PT. Monhas Andesrabat sebagai penyedia jasa (e katalog).

Dan konsultan supervisi peningkatan IPA kapasitas 50 liter per detik dan jaringan perpipaan senilai Rp.1,5 M oleh PT. Silcom Adilara, KSO bersama PT.Prajna Adhi Cakra

” Proyeks multi years ini akan mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2022,” ujar Dwi Atma Singgih Raharja, Kasatker Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Kementrian PUPR pada Rakor Pelaksanan Kegiatan Pembangunan SPAM IKK Tarutung, Rabu (28/9) di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tarutung.

Harapan dan cita-cita kita dengan dibangunnya SPAM IKK menjawab Krisis air minum di Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita.

Hizkia Pasaribu selaku PPK IKK SPAM Tarutung mengatakan, dengan dibangunnya tiga paket kontrak itu akan bisa menyuplai air minum langsung ke sambungan rumah (SR).

Dari intake ke reservoar di Sipoholon sudah dikelola/didaur ulang untuk disalurkan ke reservoar di tangsi Tarutung.

” Dari reservoar tangsi tarutung air minum sudah layak dikomsumsi akan disalurkan ke rumah warga di tiga kecamatan tersebut. Artinya, airnya sudah bersih,” terangnya.

Bupati Taput,Drs Nikson Nababan,M.Si

Bupati Nikson Nababan berharap krisis air minum dapat teratasi selama kepemimpinannya.

” Setelah saya menjabat, saya tidak tau krisis air minum sudah menjadi permasalahan di Tapanuli Utara. Ditangan saya krisis air minum harus tuntas,” ungkapnya.

Hal itu disebabkan sumber air semakin lama semakin habis. Pertambahan penduduk semakin bertambah.

Lanjutan Pembangunan SPAM IKK Tarutung itu tidak lepas dari kerja keras Abang saya Sukur Nababan yang terus ngetol memperjuangkan anggarannya di Kementrian PUPR.

” Mari kita jaga bersama agar lanjutan pembangunan berjalan dengan baik. Karena dengan dibangunnya IPA dan SPAM itu diperkirakan Taput tidak krisis air bersih hingga 50 tahun kedepan,” harap Nikson Nababan.

Hadir juga pada Rakor tersebut, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kepala Bappeda, penyedia jasa PT. Monhas Andesrabat dan beberapa pimpinan OPD.**