Ketua APDESI Taput Minta Perangkat Desa Bekerja Maksimal Membantu Tugas Kades

Senin, 21 November 2022 | 16:42 WIB

Taput, MPOL: Pemerintahan Desa Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melakukan pengangkatan sumpah/janji 1.203 perangkat desa dari 241 desa. Sebanyak 488 diantaranya merupakan perangkat baru setelah lulus seleksi ujian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, khusus untuk pelantikan perangkat desa jadwalnya diserahkan kepada camat dan masing-masing Pemerintahan Desa.

Namun berbeda untuk Kecamatan Tarutung, berdasarkan kesepakatan Kepala Desa pelantikan dilakukan secara serentak.

Pelantikan dipusatkan di Gedung Sopo Partukkoan Tarutung, Senin (21/11/2022) dihadiri Kepala Pemdes Donni Simamora, Camat Reinhard Lumbantobing, Kapolsek serta Danramil.

Untuk perangkat desa Kecamatan Tarutung, sebanyak 119 orang yang dilantik dari 24 Desa.

119 perangkat Desa tersebut terdiri dari 5 orang perdesa serta 38 merupakan perangkat baru sedangkan sisanya perangkat lama.

Ketua Asosiasi Kepala Desa (APDESI) Kabupaten Tapanuli Utara Ruben Lumbantobing yang hadir saat itu meminta perangkat maksimal dalam bekerja.

Terlebih lagi, saat ini perekrutan perangkat desa untuk memperkuat lini depan baik sisi administrasi hingga pelayanan kepada masyarakat.

” Saya minta perangkat yang baru segera berbaur dan beradaptasi dengan tugasnya. Dan juga seluruhnya saya minta bekerja secara maksimal membantu tugas Kepala Desa dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata Ruben yang juga Kades Hutatoruan I Tarutung.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Donni Simamora mengatakan perangkat Desa berdasarkan SK Kepala Desa .

” Seluruh kepala desa yang dilantik berdasarkan SK Kepala Desa. Dan itu terhitung sejak dikeluarkannya surat keputusan pengangkatannya. Kita juga berharap seluruh perangkat desa yang dilantik bisa membantu tugas kepala desa dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,”ungkapnya.**