Bersama Dewan Mesjid Indonesia Kota Tanjungbalai 

Waka Polres Tanjungbalai Laksanakan Gerakan Sholat Subuh Berkeliling  Sambil Berdakwah Kamtibmas Gassuling Damas

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:48 WIB

Tanjungbalai.MPOL:Waka Polres Tanjungbalai Kompol H. Jumanto SH. MH melaksanakan gerakan Sholat Subuh Berkeliling sambil Berdakwah Kamtibmas (Gassuling Damas) bersama dengan Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungbalai  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 30 Juli 2022, sekitar Pukul 05.00 Wib di Mesjid Ubudiyyah Jalan Kartini Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar  Kota Tanjungbalai.

Kunjungan Tim Gassuling Damas dan DMI Kota Tanjungbalai dilaksanakan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan pendisiplinan prokes Jamaah Mesjid Abdurrahman Asy Syuaib Kota Tanjungbalai. Sebelum dilaksanakan kegiatan ceramah terlebih dahulu diberikan masker kepada para jamaah yang belum menggunakan masker.

Kata sambutan dari Ketua BKM Mesjid Ubudiyyah Bapak Agus Salim  menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan Tim Gassuling Damas Polres Tanjungbalai dan Tim DMI Kota Tanjungbalai yang telah sudi berkunjung ke Mesjid Ubudiyyah dan meminta kepada para jamaah untuk sama-sama mendengarkan pesan-pesan kamtibmas dari Polres Tanjungbalai dan tausiyah agama dari Ustadz Drs. Datmi Irwan.

Pesan kamtibmas dari Bapak Wakapolres Kompol Jumanto SH. MH. menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak para jamaah untuk bersama-sama mendukung Kamtibmas di lingkungannya agar mendapatkan rasa aman dan nyaman. Baik dalam beragama, berkeluarga maupun bernegara. Umat muhammad tidak ragu lagi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban

“Agar pihak BKM Mesjid berupaya agar jemaah Mesjid tetap ramai beramal ibadah. Mari kita jadikan Mesjid menjadi tempat penyelesaian perkara-perkara kecil antar warga,” Kata H. Jumanto.

“Salah Satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid19 adalah wajib menggunakan masker kemanapun.
Saat ini ada program vaksin untuk anak-anak SD di sekolah masing-masing dan pelaksanaan vaksinasi di Polres Tanjungbalai vaksin aman dan halal,” Tambahnya.

“Para jamaah tetap mematuhi protokol kesehatan 5M secara ketat yaitu  memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun bilas dengan air mengalir, menghindari kerumunan. Kita harus patuh kepada hukum Allah dan hukum Negara. Bijaklah dalam menggunakan jari-jari dalam bermedia sosial, saat ini banyak berita hoax yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” Ucap Kompol H. Jumanto.

Tausiyah agama dari bapak Ustadz Drs. Datmi Irwan menjelaskan Dengan tema
Memakmurkan Masjid dan  Meningkatkan Keimanan serta Amal Ibadah.

“Makmurnya Mesjid itu adalah makmur Ibadahnya, yaitu adanya orang-orang yang beramal ibadah didalam masjid.

Sesungguhnya orang yang beriman adalah orang yang memakmurkan Mesjid. Jadikan Masjid tempat amal ibadah, jadikan Mesjid tempat Da’wah, karena Da’wah adalah RUH nya agama, jadikan Masjid menjadi pengikat Ukhuwah, Masjid menjadi tempat berlindung bagi fakir miskin dan membantu yang membutuhkan,” Kata Ustadz Datmi.

“Didalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman ” hai orang-orang yang beriman ikuti perintah Allah, dan perintah Rasulullah dan pemimpin yang amanah diantara kamu….). Untuk itu mari kita dukung gerakan pemerintah khususnya dalam hal pelaksanaan vaksinasi massal di masyarakat dengan maksud untuk menguatkan imun tubuh, yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilaksanakan di Kota Tanjungbalai,” Ucapnya mengakhiri.

Dalam kegiatan itu undangan yang hadir adalah Waka Polres Tanjungbalai Kompol H. Jumanto SH. MH. Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungbalai Bapak Drs. Datmi Irwan. Ketua BKM bapak Agus Salim. Bapak Ustadz Fauzi M.Pdi. Iptu Eko Ady Ranto SH. MH. Aiptu Ponimin Bhabinkamtibmas Kelurahan Bunga Tanjung. Bripka Ivan Lendi Kanit Binkamsa. Bripka Ade Arwan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sijambi. Bripka Dede Hermansya Binmas dan
masyarakat serta jamaah yang hadir sekitar 50 orang.(RB/03)

T