Saat Lakukan Tugas Pengawasan Sat Polair Kejar Kapal Tanpa Nama

Kamis, 24 November 2022 | 21:54 WIB

Tanjungbalai.MPOL:Mencegah terjadinya masuknya narkoba melalui jalur laut, penimbunan BBM, ballpres, pmi ilegal dan barang yang dilarang keluar masuk dari wilayah perairan hukum polres tanjung balai, Satpolair Polres Tanjungbalai laksanakan patroli perairan pada  Selasa 22 Nov  2022  pukul 20.00 Wib s/d Rabu 23 Nov 2022, pukul 00.35 WIB.

Kapolres Tanjungbalai AKBP. Ahmad Yusuf Afandi SIK. MM melalui Kasat Polair Polres Tanjungbalai AKP. T Sianturi saat dikonfirmasi mengatakan, adapun tujuan patroli perairan ini adalah untuk mengawasi kapal motor atau memeriksa kapal nelayan yang sedang melintas di sungai Asahan agar tidak terjadi Kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba, ballpress atau Tindak Pidana lainnya. Bila ada ditemukan tindak pidana atau tindakan kriminalitas, maka petugas patroli perairan melakukan tindakan hukum yang tegas terhadap para pelaku sesuai dengan Setandad Operasional ( SOP )

Lebih lanjut Kasat mengatakan, “Setiap hari, sebagian besar warga kota Tanjung Balai adalah Nelayan. mereka berangkat dari rumah masing-masing menuju laut Asahan untuk mencari nafkahnya.

Para nelayan Tanjungbalai , setiap hari menelusuri Sungai Asahan yang kedalamannya berkisar 9 meter lebih dengan luas sungai rata-rata  300 meter lebih.
Demikian tegas Sat Polairud polres Tanjung Balai, setiap hari melaksanakan tugas patroli.

“Ditengah aliran sungai Asahan, petugas Sat Polairud Polres Tanjung Balai sedang melaksanakan tugas patroli perairan dengan menggunakan Kapal Patroli  II – 1023 Sat Polairud Polres Tanjungbalai diawaki team regu II AIPTU     Holiddan AIPDA    S. Butar Butar, S.H. lego jangkar di koordinat
N :.  2°     58′   48,648″
E  : 99°    48′    30,09”

Lanjut Kasat, “Pada hari Rabu 23 Nov 2022 pukul 00.35 WIB tim melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari arah laut menuju perairan tanjung balai,  selang beberapa menit pengejaran kapal tersebut berhasil dihentikan dan diperiksa.

“Dari hasil pemeriksaan tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

Muatan kapal fiber berisi belanjaan dan jaring Selanjutnya kapal yang dinakhodai Zulkifli dengan abk 4 orang tanpa nama dan tanda selar diberi himbauan dan arahan agar mengurus dan melengkapi dokumen kapalnya, memeriksa Body dan mesin kapal sebelum berangkat ke laut, agar selalu waspada dan menjaga keselamatan berlayar berkerja di laut. “Ucap kasat.

“Polri juga mengajak para nelayan agar menjadi mitra polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dgn memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan seperti : Penyalahgunaan / menimbun BBM
Ilegal fishing, PMI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal,
barang2 illegal seperti Ballpress dan  *
Narkoba ucap kasat.

Kapolres Tanjungbalai melalui Kasat Polair Polres tanjungbalai berpesan Sehubungan belum dibuka ( beroperasi ) Pelabuhan Domestik Teluk Nibung, dimungkinkan akan adanya PMI yang berangkat ke Malaysia tanpa dilengkapi dengan Dokumen resmi melalui jalur -jalan tidak resmi/ tangkahan masyarakat, kemudian Memperhatikan letak Geografis Tanjung Balai ke Malaysia, memungkinkan akan adanya Barang-barang Ilegal yang keluar – masuk Tanjungbalai seperti Ball pres, Narkoba dan lainya, Sat Pol Airud Polres Tanjung balai akan terus melaksanakan Patroli ucap Sianturi. (TB/03)