Warga Mengeluh & Minta Diperbaiki, Jalan Provinsi di KM-4 Simalungun Berlubang Rawan Laka Lantas

Rabu, 25 November 2020 | 13:12 WIB
Simalungun, MPOL : Ruas jalan menghubungkan Pematangsiantar-Perdagangan di Natu IV Nagori Dolok Marlawan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun kondisinya berlubang. Berlubangnya jalan Provinsi tersebut telah berlangsung lama dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan oleh instansi terkait.
Pantauan Medan Pos, Rabu (25/11/2020) terlihat badan jalan kondisinya memprihatinkan dengan banyaknya lubang yang dalam dan lebar sehingga warga/pengendara yang melintas jalan tersebut ekstra hati-hati. Apalagi kalau di musim penghujan jalan tersebut bagaikan kolam dengan kondisi berlumpur/becek. Bagi pengendara melintas jalan tersebut mau nggak mau terpaksa pelan-pelan takut kecelakaan.
Yang lebih paranya lagi, pengendara sepeda motor dan mobil merasa trauma dan takut melihat mobil sarat muatan/truk yang kerap melalui jalan tersebut. Hal ini dikarenakan banyak truk melebihi tonase/ beban yang melintas jalan tersebut ban pecah atau per patah mengakibatkan truk dapat terbalik dan dikuatirkan menimpa pengendara lainnya.
Di samping itu, lokasi jalan berlubang tersebut tempat peristiwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang baru-baru ini terjadi dengan memakan korban 5 orang meninggal dunia. Bukan itu saja, jalan Asahan KM -4 atau di Batu IV tersebut  sangat rawan laka lantas dan telah sering terjadi kecelakaan, salah satunya disebabkan faktor jalan.
Menurut keterangan beberapa warga, jalan ini memang rawan kecelakaan dan kondisinya selalu berlubang. “Asal ditambal sebentar sudah berlubang lagi,” ucap marga Saragih dengan kesalnya.
Hal senada juga diungkapkan marga Daulay, Hutagalung, Turnip dan Pasaribu. Mereka menegaskan agar jalan berlubang di Batu 4 dan Batu 5 persisnya di depan Eks Kodim 0207 Simalungun segera diperbaiki. Mereka meminta, Gubsu dalam hal ini dinas terkait turun ke lokasi dan melihat kondisi tersebut. ” Apa memang mereka/instansi terkait buta matanya sehingga tak mau memperbaiki jalan rusak/berlubang tersebut, pungkasnya.**