Sempat Lari ke Jambi, DPO Pelaku Pencurian Modus Bongkar Rumah bersama 2 Temannya Diringkus Polisi

Selasa, 23 Februari 2021 | 18:19 WIB

Simalungun, MPOL : Tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Raya Resor Simalungun di kawasan Pekan Raya, Kel. Pematang Raya, Kec. Raya, Simalungun, Senin (22/2/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

Ketiga pelaku tersebut yakni, Vijai Kristian Saragih (21) warga Simpang BKD Sondi Raya, Kel. Pamatang Raya, Simalungun, Jelita Boru Hutagaol (18) warga Lorong 20 Parluasan Gg. Merasi, Kec. Siantar Martoba, Pematangsiantar dan Hengky Rezeki Purba (23) warga Simpang Pangalbuan Urung Raya, Nagori Raya Bayu, Kec. Pamatang Raya, Simalungun.

Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo melalui Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring dalam relisnya, Selasa (23/2/2021) mengatakan penangkapan ketiga pelaku berawal dari informasi masyarakat melalui Aplikasi Horas Paten yang menyebut salah satu pelaku curas yakni Vijai yang sempat sembunyi dari pelariannya di Jambi dan masuk daftar pencarian orang (DPO) itu telah kembali ke Pematang Raya.

Warga melihat pelaku Vijai sedang berada di sekitaran Pekan/Pajak Pematang Raya, langsung menghubungi polisi. Mendapat informasi itu, Kapolsek Iptu Lintong Silalahi bersama Kanit Reskrim Ipda H. Manurung, Kanit Binmas Iptu J.Barimbing, Kanit Intelkam Iptu VJ. Purba, Kanit Shabara Aipda T. Sirait dan Bhabinkamtibmas Bripka Joni Susanto serta Bripka Jhon EI Saragih langsung mengepung Pasar Pekan Pamatang Raya persisnya di lantai dua.

Melihat keberadaan pelaku, kemudian petugas dengan gerak cepat dan sigapnya menangkap pelaku Vijai bersama dua rekannya, Jelita dan Hengky.

Selanjutnya, tanpa perlawanan, ketiga pelaku berikut barang bukti sebilah pisau belati, 1 unit Hp Nokia dan 1 unit sepedamotor Honda Revo warna hitam diboyong ke Mapolsek Raya.

“Penangkapan ketiga pelaku itu didasari Laporan Polisi (LP) nomor: LP/ 42/ X/ 2020/ Sek-Raya tanggal 22 Oktober 2020, LP Nomor: LP/ 48/ XI/ 2020/ Sek-Raya tanggal 19 November 2020 dan LP Nomor: LP/ 05/ II /2021/ Sek-Raya tanggal 1 Februari 2021,” ungkap AKP Lukman Hakim.

Lebih lanjut Lukman menambahkan, modus operandi perbuatan para pelaku itu dengan cara membongkar rumah memakai pisau dan besi lalu mengambil barang barang berharga dari rumah para korban kemudian barang barang tersebut di jual ke Kota Siantar.

Aksi para pelaku selama ini telah meresahkan masyarakat Kecamatan Raya khususnya Kelurahan Pamatang Raya dan Kelurahan Sondi Raya dengan berbagai tindak kejahatan berupa pembongkaran rumah.

Selain itu, sesuai laporan polisi, sambung Lukman, masih ada beberapa kasus pencurian dan pembongkaran rumah yang telah dilakukan tetapi korban tidak membuat Laporan Polisi ke Polsek Pamatang Raya, seperti pembongkaran rumah di Kolam Pancing Sigundabah, pencurian solar sebanyak 5 jerigen di Tower Pasar Baru dan pembongkaran rumah di Jalan Kartini Pasar Baru.

“Untuk mempertanggungjawabkan atas pebuatannya, ketiga pelaku sudah di tahan di Mako Polsek Raya untuk diproses hukum sesuai pasal 363 KUHPidana,” pungkasnya. *