BNNK Simalungun Canangkan  Kampung Bersinar Di 4 Desa Kecamatan Bandar

Senin, 27 Juni 2022 | 17:10 WIB

Simalungun,MPOL:  BNNK Simalungun mencanangkan empat desa di wilayah Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sebagai Kampung Bersih Narkoba (Bersinar), Senin (27/6).

Pencanangan Nagori Perdagangan II, Perdagangan III, Bandar Jawa dan Perlanaan di Star Park Hotel, Simpang Kubah itu memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2022.

Kepala BNNK Simalungun Komisaris Polisi Suhana Sinaga SKom MSi menginformasikan, pada tahun 2019, pihaknya mencanangkan Nagori Perdagangan I, sehingga ada lima Kampung Bersinar di Kecamatan Bandar.

Pada tahun 2020, dua desa di Kecamatan Tapian Dolok dan 2021 dua desa di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, dan total keseluruhan di Simalungun ada sembilan Kampung Bersinar.

Suhana mengatakan, desa telah menjadi tempat strategis peredaran narkoba, makanya perlu ada program dan aksi untuk pencegahan secara masif yang melibatkan keikutsertaan masyarakat.

Kampung Bersinar menjadi program unggulan bagi BNN untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya narkoba, sehingga muncul kesadaran untuk mencegah serta memberantas peredaran narkoba.

Pencanangan Kampung Narkoba diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada kelompok masyarakat untuk penguatan terhadap bahaya narkoba.

“Setidaknya (Kampung Narkoba) menjadi  contoh bagi desa lainnya untuk turut melakukan pemberantasan peredaran narkoba di wilayahnya,” katanya.
Sementara Arpin Nenggolan mewakili Bupati Simalungun mengatakan kepada seluruh masyarakat kabupaten Simalungun khususnya kecamatan Bandar memerangi Narkobasebab narkoba dalah satu perusak generasi muda.
Hadir di acara itu muspika kecamatan Bandar para Pangulu serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.***