Angota DPRD Benhard Damanik: Perkebunan Bahbutong Jangan Terburu- Buru Konversi Teh ke Sawit

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:24 WIB

Simalungun, MPOL: Anggota DPRD Simalungun Benhard Damanik mengatakan rencana konversi teh ke sawit yg di lakukan oleh PTPN IV Unit Bah Butong sangat lah tidak tepat, dan kita mendukung masyarakat melakukan penolakan rencana tersebut mengingat apa yang di alami masyarakat bah Butong ulu dan Nagori yg berada di kecamatan jorlang hataran, dan kecamatan panei tongah dan Panombean panei pada PTPN IV Marjandi yang mengalami kebanjiran pada musi penghujan dan kekeringan pada musim panas .

Keinginan PTPN IV bah Butong mengkonversi Teh ke tanaman Sawit se luas 257 Ha politisi Nasdem berharap PTPN terlebih dahulu mengurus ijin nya ke Pemkab Simalungun sehingga tidak melanggar peraturan perundang-undangan karena ijin tersebut terbit melalui prosedural yang mengatur, sehingga kita berharap PTPN IV Unit Bah Butong jangan terburu buru dalam melakukan pengolahan lahat seluas 257 Ha tersebut, sehingga tidak ada perlawanan ke pada masyarakat ketika izin sudah keluar dan kita berharap masyarakat tetap melakukan penolakan sampai ada kejelasan dari pemerintah apakah ijin di terbit kan.

Sementara Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga saat menerima audensi dari pihak PTP N IV Selase 5/7 di rumah dinas wakil Bupati jalan suri-suri mengatakan sebelum melakukan konversi harusnya pihak perkebunan melaksanakan kajian yang melibatkan masyarakat sehingga tidak ada riak-riak.

Pada pertemuan antara pihak perkebunan dan pemerintah kabupaten Simalungun yang di hadiri Pangulu Bahal gajah Simatupang tetap memilih menolak konversi tanaman teh ke kelapa sawit sebab kalaw itu terlaksana beberapa Nagori (desa) di kecamatan Sidamanik akan terancam kebanjiran.

Pangulu Bahal Gajah berharap pemerintah kabupaten Simalungun harus memikirkan rakyatnya yang mana jika konversi terlaksana beberapa nagori. Wilayah kecamatan Sidamanik akan terancam kebanjiran.
O.Simbolon salah seorang koordinator masyarakat mengatan sampai titik darah penghabisan masyarakat kecamatan Sidamanik yang mengalami terancam kebanjiran tetap akan menolak konversi,Simbolon juga mengakui adanya perhatian Ormas Pemuda Batak Bersatu datang unjuk rasa ke kebun Bah Butong senin 4/7 mendukung masyarakat menolak konversi salah satu bukti jika terjadi konversi akan mengancam kelangsungan hidup masyarakat.