Anggota DPRD: Pembuatan Majalah Haroan Bolon Pemborosan Anggaran

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:09 WIB

 

Simalungun,MPOL: Politisi muda dari Partai Gerindra yang juga anggota DPRD Simalungun, Bonauli Rajagukguk angkat bicara soal pembuatan Majalah Haroan Bolon milik interen Pemerintah  Simalungun,yang mana majalah yang terbit sekali dalam sebulan itu menyedot uang rakyat alias APBD tahun 2022 sebesar Rp 950 juta itu sudah pemborosan anggaran.

Dengan menyedot biaya ratusan juta yang tidak menyentuh kepada masyarakat kabupaten Simalungun wajar mendapat kritikan dari berbagai kalangan terlebih anggota DPRD dan para LSM.

Menurutnya masih banyak lagi yang lebih urgen untuk perbaikan di Kabupaten Simalungun seperti inprastruktur,irigasi yang dihantam bencana alam.

Majalah Haroan Bolon yang terbit sejak Januari 2022 yang di kelola Dinas Informasi dan Komonikasi (Infokom) Kabupaten Simalungun yang dibagikan kepada para kepala sekolah SMP, SD, Camat,Puskesmas dan para Pangulu se Kabupaten Simalungun menurut keterangan Sekretaris Kominfo, Rian Pakpahan diberikan secara gratis,jika ada pengakuan  para kepala sekolah dan Pangulu membayar Rp 50 ribu setiap bulan, pihaknya bingung.

Mungkin yang bermain di dinas pendidikan dan para pangulu mengaku ada membayar, berarti kecamatan yang bermain” ujar pakpahan.

Anehnya persoalan bayar membayar ini hanya ada pada kepala sekolah dan para Pangulu, sedangkan di Puskesmas dan Pustu tidak ada keluhan.

Setelah adanya pengakuan Sekretaris  Kominfo beberapa Puskesmas dan Pustu mengaku bahwa Majalah Haroan Bolon tidak ada yang sampai, bahkan heran bagaimana bentuk majalahnya, sebut salah seorang tenaga medis saat ditanya wartawan, Rabu (13/7/2022).

Beberapa Pangulu yang dihubungi, di Jecamatan Gunung Malela, Selasa (12/7/2022) menyebutkan, banyak para Pangulu di Kabupaten Simalungun yang menolak majalah itu karena membayar Rp 50 ribu setiap bulan.

Lain pula pengakuan para kepala sekolah, jika menolak majalah ada seperti tekanan akan dipindahkan bahkan dicopot dari jabatan.

Plt.Kepala Dinas Kominfo Simalungun,SML Mangunsong ketika dikonfirmasi mengatakan lagi sibuk mendampingi Wakil Bupati yang sedang rapat di Parapat.**