Tender Alat Berat Digagalkan, APH Harus Usut UPKBJ Pemkab Samosir

Kamis, 26 Mei 2022 | 20:11 WIB

Samosir, MPOL:  Tender pengadaan alat berat grader yang bersumber dari APBD TA 2022 Kabupaten Samosir senilai Rp.2.5 M sudah dimenangkan oleh perusahaan yang berdomisili di Tangerang Banten kembali digagalkan oleh Dinas PU TR (Pekerjaan Umum Tata Ruang ) Pemerintah Kabupaten Samosir.

Informasi yang dihimpun, proses pengadaan alat berat grader yang ditenderkan dinas PU TR sudah 3 kali dilaksanakan dan 2 kali gagal.

PPK dinas PU TR Jonson Simbolon yang dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya sedang dilapangan dan tidak menjawab konfrimasi yang dikirimkan ke WhatsApp nya walaupun sudah centang biru.

Kadis Kominfo Ricky SH Sirumapea yang dihubungi, Rabu (25/5-2022) dan mengirimkan pertanyaan terkait pengadaan tender alat berat yang gagal mengatakan bahwa sesuai pertanyaannya langsung konfirmasi ke ULP karena masalah tender
Penyampaian singkat karena spek yang dicari tidak ketemu.

Pegiat anti Korupsi Kabupaten Samosir Pangihutan Sinaga, Kamis (26/5-2022) menjelaskan pengadaan alat berat tersebut harusnya tidak gagal, itu bisa karena tidak sesuai dengan selera pemangku kepentingan.

“Dimana pada tender pertama sudah ada pemenangnya. Tapi dibatalkan, tidak ada alasan membatalkan tender kalau sudah ada pemenangnya. Sebab pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan jika anggaran tersedia, jelas peruntukannya dan jelas pagunya.”

Jangan ada alasan yang mengendalikan Pemkab Samosir dari luar sistim pemerintahan ke APIP. Itu alasan klasik.

Harus diusut oleh aparat penegak hukum supaya Pokja UKPBJ Pemkab Samosir ada efek jera bermain-main dengan proses lelang, Juga supaya terungkap siapa dalang tender ulang tersebut, sebut Pangihutan Sinaga.