Ramah Lingkungan, RSI Terapkan Teknologi Panen Ikan untuk Budidaya

Kamis, 27 Mei 2021 | 18:33 WIB

Samosir, MPOL : Sebagai bagian kelanjutan komitmen untuk investasi pada program Keberlanjutan KAMI PEDULI Regal Springs Indonesia (RSI) pada pilar KAMI PEDULI Lingkungan, perusahaan mengumumkan penerapan teknologi pompa panen ikan untuk budidaya lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan di Dermaga Ajibata di Kabupaten Toba.

“Penerapan teknologi baru ini tidak dirancang untuk mengurangi pekerja budidaya. Investasi ini selaras dengan Program KAMI PEDULI untuk lingkungan guna meningkatkan kinerja keberlanjutan kami. Pompa panen baru ini akan memberikan banyak dampak positif bagi operasi budidaya di danau dan juga para pengguna lain di danau,” kata Head of Corporate Affairs & Sustainability, David Tampubolon, Kamis (27/5/2021).

Dijelaskannya, teknologi baru dan lebih berkelanjutan ini akan mengurangi lalu lintas kapal tongkang di danau.

“Teknologi pompa ini juga akan mengurangi kematian ikan sehingga meningkatkan sumberdaya lingkungan dengan lebih efektif. Teknologi ini juga akan meningkatkan kinerja lingkungan pada operasi panen kami berkat penurunan penggunaan energi” jelas Tampubolon.

Ia juga menjelaskan, teknologi baru dan lebih bertanggung jawab ini tidak berdampak terhadap jumlah karyawan unit budidaya ikan.

“Perusahaan tidak berencana untuk mengurangi jumlah karyawan pada tim budidaya ikan. Sebaliknya, perusahaan akan meningkatkan efisiensi Unit Akuakultur Danau Toba bertanggung jawab dengan penerapan teknologi ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini perusahaan juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan kajian lingkungan khusus untuk teknologi panen baru yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan ini sehingga bisa diterapkan segera.

“RSI bekerja setiap hari untuk memenuhi standar lingkungan pada semua aspek operasi perusahaan melalui penerapan nilai KAMI PEDULI Lingkungan Regal Springs Indonesia,”

RSI memenuhi standar pemerintah Indonesia, standar nasional untuk Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dan beberapa standar independen internasional termasuk Aquaculture Stewardship Council (ASC) dan Best Aquaculture Practices (BAP).

RSI merupakan usaha Budidaya Tilapia Bertanggung jawab tersertifikasi dan pengolahan terpadu. Perusahaan menghasilkan produk premium dengan merk Naturally Better Tilapia untuk pelanggan dalam negeri dan internasional.

RSI menerapkan Program Keberlanjutan KAMI PEDULI yang merupakan program keberlanjutan terpadu pertama dunia untuk akuakultur dan Tilapia yang diselaraskan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. *