Polres Samosir Temukan Ladang Ganja di Dosroha Simanindo

Rabu, 20 April 2022 | 21:42 WIB

Simanindo, MPOL: LS (50) warga Desa Dosroha Dusun 1 Sigaol Kecamatan Simanindo sungguh sial nasibnya, ingin meraih untung kini jadi buntung, betapa tidak ladang ganja yang sudah mau panen berhasil di ungkap Sat Narkoba Polres Samosir, Rabu (20-4/2022)

Pengungkapan ladang ganja langsung dipimpin Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH MH, Didampingi Kabag Ops Kompol Lengkap Siregar SH, Kabag Ren Kompol Walder Sidabutar, Beserta personil lainnya turun menyisiri lokasi yang sangat terjal dengan berjalan kaki.

Setelah mendapat informasi akurat dari Kasat Narkoba AKP Natar Sibarani SH Bahwa tim yang dipimpinya membuahkan hasil pengungkapan penemuan ladang ganja berikut dengan tersangkanya.

Tersangka berinisial LS diamankan ,berikut dua anak dari pelaku diboyong ke mako polres samosir untuk dimintai keterangan sebagai saksi, yang mana ada ditemukan sebahagian barang bukti yang disembuyikan pelaku disekitaran 500 meter dari rumah pelaku, yang diduga ganja disimpan dalam dua kantong goni kecil berupa daun ganja kering bruto sekitaran 500gr.

Lokasi penemuan ladang ganja didaerah perbukitan dan terjal ,ditemukan dua titik lokasi penanaman ladang ganja yang berbeda, setelah ditaksir luas dari kedua ladang ganja tersebut seluas 0,5 Hektar, dengan jumlah lebih dari 300 batang pohon ganja.

“Tersangka LS ini ada melakukan dua cara penanaman ganja, pertama ada yang langsung ditanam dilokasi penemuan ladang pertama, dan satu lagi ada dengan metode pembibitan dengan polibek dan dibiarkan sampai panen, dengan dipupuk juga oleh tersangka”.

“Keterangan dari tersangka juga ,setelah memanen ,itu daun dipotongin dengan gunting lalu dikeringkan dirumah, lalu dijemur dan dijual, perbungkusnya jual seharga 100 ribu rupiah, ini sudah dilakukannya lebih dari 3 tahun, namun kita tidak berhenti disitu saja, karena kita menemukan lagi sekitar 500gr dirumah pelaku, kita akan terus melakukan pengembangan” Tegas perwira melati dua tersebut.

Lanjutnya, keseharian pelaku adalah seorang petani menanam kopi dan cabe dia juga menanam ganja, menurut pengakuan dia ganja itu dia gunakan sendiri, dan menyiapkan dijadikan kemasan untuk beliau jual dan uangnya dipergunakan untuk keperluan sehari-hari, namun kita terus akan menelusuri yang ikut membantu pelaku dalam hal ini,”

Baru kali ini, polres samosir melakukan pengungkapan kasus narkoba jenis ladang ganja seluas hampir setengah hektar, ini kita apresiasi untuk sat narkoba dibawah pimpinan AKP Natar Sibarani, saya juga langsung melakukan videocall dilokasi pengungkapan penemuan ladang ganja tersebut.”

“Untuk ancaman hukuman terhadap tersangka LS, karena dia pengedar dan melakukan penanaman ganja bisa sampai 12 tahun” Tegasnya.

“Kronologis yang bisa saya jelaskan, anggota sudah mengendap dilokasi ini ,selama 2 malam ,dan jalan lokasi ini juga selama dua jam ,rekan media sudah ikut bersama kelokasi yang begini jauhnya.

Tidak tertutup masih di samosir ini masih ada ladang ganja ,gak menutup kemungkinan masih adanya ladang ladang lain. kita akan kembangkan” sebut Josua Tampubolon.