Pilkada Samosir, Ober Gultom: Anakkon Hi Do Hamoraon Di Au

Rabu, 19 Agustus 2020 | 12:31 WIB

 

Medan, MPOL: Ober Gultom yang berpenampilan sederhana, mengaku jika masyarakat senang dengan penampilan dan karakternya, itu semua telah ditiru atau diwarisi anaknya Vandiko Gultom yang saat ini menjadi bakal calon (Balon) Bupati Kabupaten Samosir.

Vandiko yang bakal diusung mayoritas partai politik di Kabupaten Samosir, kini bercita cita untuk membangun Kabupaten Samosir, kampung halamannya.

“Cita- cita Vandiko itu kami dukung penuh karena saya tahu kemampuan Vandiko, baik tutur kata, perilaku, dan pendidikannya tidak kalah dengan yang lain .Jadi kami tidak asal mendukung”, kata Ober Gultom seperti ditirukan Korwil PMPHI Sumut, Drs Gandi Parapat setelah bertemu di kediaman Ober, Selasa (18/8) malam.

Namun tambah Gandi melalui pesan WhattsApp (WA) kepada medanposonline, Rabu (19/8) siang, Ober Gultom yang mantan pejabat di ibukota negara Jakarta berpesan kepada masyarakat Samosir, jangan mendukung atau jangan pilih Vandiko Gultom di Pilkada Samosir 9 Desember 2020 mendatang kalau tidak bisa menjadi panutan dan harapan masyarakat.

“Saya yakin Vandiko Gultom lebih berkwalitas dari yang lain saat ini. Untuk kedepanya Vandiko Gultom sudah berjanji apabila Tuhan merestuinya menjadi Bupati Samosir , setelah sukses membangun Samosir, akan memberikan kesempatan kepada marga marga lain menjadi bupati, agar rasa kekeluargaan dan kebersamaan tetap terjalin di Samosir sebagai tempat budaya Batak”, sebut Ober.

Kata Gandi, Ober Gultom dengan senyum ciri khas Batak, selalu memberi contoh dan nasehat-nasehat kepada generasi muda suku Batak agar ciri atau ajaran adat yang diberikan oleh nenek moyang kita selalu dijunjung tinggi untuk berperilaku ‘Somba Marhula Hula, Manat Mardongan Tubu Jala Elek Marboru’.

Ober Gultom sangat bangga dengan suku budaya adat di beberapa daerah yang masih menjadi andalan generasi muda walaupun dalam era millenial sekarang.

Gandi yang menjabat sebagai  Koordinator Wilayah Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia Sumatera Utara (Korwil PMPHI Sumut)  pun sangat memuji karakter dan penampilan Ober Gultom yang disebutnya mirip dengan mantan Gubsu Rudolf Pardede .

“Tulang mirip dengan pak Rudof Pardede”, itulah yang saya sampaikan ketika teman saya marga Sagala mempertemukan kami dengan Ober Gultom”, kata Gandi.

Ober pun berpesan jika ingin melihat sosok Vandiko, coba berkunjung ke Samosir untuk mengenali dan melihat bagaimana Vandiko dengan marga Naibaho, Nainggolan, Sagala, Limbong, Simbolon, Sinaga, Pasaribu dan marga lainnya.

“Saya sendiri heran dan semakin semangat melihat dan mendengar keinginan masyarakat untuk memilih dan memenangkan Vandiko nantinya.Karenanya, saya pun akan berjuang untuk mendukung cita-citanya untuk membangun Samosir, sebab ‘Anakkon Hi Do Hamoraon Di Au’ “,tutupnya.***