ASDP Indonesia Ferry Cabang Sibolga Santuni Keluarga Korban Jatuhnya Mobil ke Danau Toba

Senin, 7 Juni 2021 | 17:09 WIB

Samosir, MPOL : Pasca kejadian jatuhnya mobil ke Danau Toba dari KMP Ihan Batak sewaktu sandar di Pelabuhan Ambarita, PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Sibolga memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal.

General Manajer cabang Sibolga, Partogi Tamba yang ditemui wartawan di Pelabuhan Ambarita, Minggu (6/6/2021) mengatakan bahwa faktor utama kejadian adalah alam, dimana waktu kejadian angin di danau berhembus kencang dibarengi hujan yang sangat lebat.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah unit mobil yang dibawa dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita berjumlah 32 unit kendaraan. Diwaktu kejadian, mobil yang sudah keluar dari KMP Ihan Batak sudah 15 Unit dan mobil yang jatuh itu ke danau itu adalah mobil ke 16.

Lebih lanjut Partogi mengatakan, ketika musibah itu terjadi dari petugas ASDP 4 orang langsung menceburkan diri ke danau guna menyelamatkan korban dan dibantu masyarakat yang juga turut menyelam ketika mendengar ada mobil yang jatuh ke danau.

Adapun 4 petugas ASDP yang melompat ke Danau Toba guna menolong korban yang berada di dalam mobil yang jatuh yakni, Eron Sigiro (petugas darat) Pelabuhan Ambarita, M. Syafii
(juru mudi), Aris Surbakti (kelasi) dan Heri kriswanto Tanjung (Mualim III ).

“Kita mengharapkan janganlah ada anggapan yang mengatakan bahwa petugas ASDP tidak perduli dengan kejadian. Mungkin ada tanggapan kepada pihak ASDP, namun kita mengurus yang lebih penting dulu,” akunya.

“Diwaktu kejadian Petuga ASDP kita mengurus korban yang selamat dan meninggal, serta mengantarkan mereka ke tempat tinggalnya di Tebing Tinggi. Korban selamat dan yang meninggal diantar oleh pihak ASDP Indonesia Ferry cabang Sibolga dengan petugas kita A. Halim Perdana Kusumah didampingi dari pihak kepolisian,” ucapnya lagi.

Masih kata Partogi Tamba, hingga proses pemakaman di Hari Selasa (1/6/2021, petugas ASDP menghadiri pemakaman yang dilaksanakan usai sholat dzuhur. Pihak ASDP Indonesia Ferry cabang Sibolga juga memberikan santunan buat keluarga yang meninggal dan yang selamat.

“Kita menghadiri pemakaman korban tanggal 1 juni di Tebing Tinggi dan usai pemakaman kita juga menyampaikan rasa turut berduka cita secara langsung kepada keluarga korban sekaligus pemberian santunan yang dihadiri oleh Kepala BPTD wilayah II Sumatera Utara Pak Batara dan Perwakilan dari PT. Jasa Raharja Tebing Tinggi, Pak Erianto Pasaribu,” ungkapnya.

Pihak ASDP juga mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya pada pihak-pihak yang membantu dikala musibah terjadi dan mengatakan bahwa semua pihak tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Pihak ASDP lebih mengurus dulu korban selamat dan yang meninggal.

“Terimakasih kepada semua pihak yang berperan dalam membantu korban yang selamat dan yang meninggal serta juga menyelamatkan mobil yang jatuh ke danau,” ujarnya.

Untuk selanjutnya proses di kepolisian, ia menjawab bahwa prosesnya sudah ditangani.

“Sebaiknya kita tunggu saja hasil pemeriksaannya dan apapun hasilnya mari kita hormati,” ucap Partogi. *