PWI Sumut Gelar Lomba Baca Puisi/ Parade Baca Puisi dan Lomba Karya Tulis Semarakkan HUT Ke-77 RI

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:17 WIB

Medan, MPOL-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara H. Farianda Putra Sinik S.E., mengamanahkan Seksi Seni, Budaya dan Pariwisata menggelar lomba baca puisi/parade puisi dan karya tulis memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Kegiatan tersebut juga sekaligus dirangkai hari ulang tahun (haul) ke-100 Chairil Anwar, sastrawan dan juga pahlawan nasional,” ungkap Farianda didampingi Ketua Panitia Idris Pasaribu, Sekretaris Husor Parissan Sitompul dan Bendahara Eli Marlina di Gedung PWI Sumut, Selasa (9/8/2022).

Farianda menambahkan, lomba baca puisi berhadiah uang tunai, trophi Ketua PWI Sumut dan piagam Sedangkan lomba karya tulis berhadiah uang tunai dan piagam.

Menurut dia, momentum HUT ke 77 kemerdekaan RI yang dirangkai dengan hari lahir ke 100 tahun Chairil Anwar dinilai penting diperingati oleh kalangan insan pers, karena karya-karya sastra telah banyak memperkaya khasanah tulisan para jurnalis.

Dia mengakui, karya-karya sastra, seperti puisi-puisi yang diciptakan oleh Chairil Anwar sesungguhnya patut dijadikan inspirasi jurnalis di era sekarang agar produk jurnalistik yang dihasilkan bisa lebih berkualitas dan bermakna.

Ketua Panitia Idris Pasaribu didampingi Sekretaris Husor Parissan Sitompul dan Bendahara Eli Marlina menjelaskan, lomba baca puisi diadakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022 sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB. Sedangkan Parade puisi dilanjutkan pada malam hari dimulai dari jam 20.00 WIB hingga selesai.
Dia menambahkan, kriteria peserta lomba baca puisi diperuntukkan untuk umum dengan membacakan puisi wajib karya Chairil Anwar berjudul “Karawang-Bekasi” ditambah puisi pilihan “Huesca” atau “Senja di Pelabuhan Kecil”.

“Untuk peserta parade puisi panitia bakal mengundang sejumlah birokrat/pejabat tinggi, akademisi dan wartawan senior untuk membacakan puisi hasil karya sendiri,” ungkap mantan redaktur Budaya Harian Analisa ini.

Sedangkan lomba karya tulis dikhususkan bagi insan pers dengan mengambil tema, “77 tahun Indonesia Merdeka apa yang telah dicapai?.”
“Peserta bebas menentukan judul maupun sudut pandang (angle) dari tulisan, baik dari sudut pandang ekonomi, politik maupun sosial budaya” kata Idris.

Bukti karya tulis yang diterbitkan di media cetak masing-masing dikirimkan ke Sekretariat Panitia di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Jalan Adi Negoro no 4 Medan, paling lambat tanggal 20 Agustus 2022 .

Tulisan yang diposting di media daring harus diprint out serta link dikirim ke WA Seksi Acara Evalisa Siregar di nomor 0813-7098-2299.
Idris yang juga dikenal sebagai seorang seniman senior di Sumut ini menyatakan kegiatan parade puisi ini digelar dengan mengundang birokrat, akademisi, wartawan senior dan sejumlah tokoh publik lainnya.

“Para tokoh yang datang pada malam pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, 27 Agustus 2022 akan didaulat membaca puisi karyanya sendiri,” ucapnya
Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kebesaran karya-karya sastra Chairil Anwar semasa hidupnya,” kata Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik pada rapat panitia, Senin (8/8) sore di Sekretariat PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan. (R)