Harlah ke-50 IPMBB

Prof OK Saidin Minta Korp Alumni dan PB IPMBB Bersatu Turut Membangun Batu Bara

Minggu, 3 Juli 2022 | 12:22 WIB

Medan, MPOL : Dewan Pengawas Korp Alumni Ikatan Peuda Pelajar Mahasiswa Batu Bara (Korp Alumni IPMBB) Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum meminta segenap pengurus yang berkumpul dalam organisasi wadah berhimpun tersebut, untuk bersatu dengan menyamakan tekad untuk turut dalam kebersamaan membangun Kabupaten Batu Bara.

Kesatuan dan tekad ini juga ia pesankan agar menjadi sikap bersama oleh segenap personalia Pengurus Besar (PB) IPMBB). Ditegaskan, organisasi yang membawa nama daerah ini harus bisa menyatukan persepsi untuk memupuk kebersamaan, agar keberadaannya dihargai dan membawa manfaat bagi masyarakat luas khususnya masyarakat dan daerah Kabupaten Batu Bara sendiri.

“Kita tidak boleh terpecah-pecah, harus satu sikap. Kebatilan bisa menang terhadap yang haq, kalau terorganisir dengan baik. Begitu pula kebenaran akan tegak apabila terorganisir dengan baik. Karena itu, kita tidak boleh terpecah-pecah, harus satu sikap. Kalau ada perbedaan, bicarakan dan selesaikanlah dalam lingkup internal untuk menyamakan persepsi dan mengambil kesepakatan,” ujar Guru Besar yang saat ini menjabat Ketua Program Magister Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) tersebut pada peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-50 IPMBB di Garuda Plaza Hotel Jalan SM Raja Medan, Sabtu (2/7/2022).

Pada kesemptan itu Prof. OK Saidin juga mengutip sebuah peringatan yang diriwayatkan di zaman Rasulullah, bahwa apabila berkumpul 50 orang dengan niat baik maka ada yang ke-51 yaitu Allah. Tetapi, apabila ada satu orang saja keluar dari perkumpulan itu karena adanya niat tidak baik atau perpecahan, maka yang lebih dahulu keluar adalah Allah.

“Jadi, kita harus tetap berkumpul bersama dengan niat baik dan penuh sikap kebersamaan agar Allah SWT tetap berada bersama kita. Jangan sampai Allah SWT meninggalkan kita karena adanya niat yang tidak baik di antara kita,” begitu dikatakan.

Para pengurus Korp Alumni IPMBB dan PB IPMBB foto bersama di penghujung acara. (Foto: ist)

IPMBB dilahirkan pada 2 Juli 1972, sebagai organisasi tempat berhimpun para pemuda pelajar dan mahasiswa yang berasal dari wilayah Batu Bara (saat masih bagian dari Kabupaten Asahan dan sejak 2007 menjadi daerah Kabupaten Batu Bara) yang kala itu menempuh pendidikan atau berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya. Pada peringatan Harlah ke-50 ini, pendiri IPMBB Usman Batu Bara yang akrab disapa Nantan dan kini berusia 70-an tahun, hadir dan melakukan pemotongan nasi tumpeng.

Acara ini juga dirangkai dengan pengukuhan organisasi alumni, yaitu Korp Alumni IPMBB, serta pelantikan Pengurus Komisariat (PK) IPMBB USU. Acara dihadiri Bupati Batu Bara diwakili Asisten I Setdakab Rusian Heri (Bupati Ir. H. Zahir, M.AP sedang melaksanakan ibadah haji sekaligus sebagai petugas TPHI Provinsi Sumatera Utara) yang dalam kata sambutannya juga berharap IPMBB turut berkontribusi dalam membangun masyarakat dan daerah Batu Bara.

Korp Alumni IPMBB baru terbentuk beberapa hari lalu. Untuk kepengurusan pertama periode 2022-2025 dipimpin Ketua Umum H. Elfi Haris, SH, M.Hum dengan Sekretaris Umum Syahrizal Fahmi, SH, CLA dan Bendahara Umum Suriadi, SH. Wakil Ketua Umum dijabat Dr. Junaidi Arsyad, Wakil Sekretaris Umum Mhd Yusuf Qordowi dan Wakil Bendahara Umum Hanafi Zein, SH. Kepengurusan dilengkapi dengan bidang-bidang.

Prof. Dr. H. OK. Saidin, SH, M.Hum duduk sebagai Dewan Pengawas bersama antara lain H. Darius, SH, MH dan Amri Zakaria, SH, MH. Pendiri IPMBB, Usman Batu Bara, didaulat sebagai Dewan Pembina beserta antara lain Sayuti Hamid, Asren Nasution dan Ismar Khomri.

Dewan Penasehat juga diisi nama-nama tokoh masyarakat Batu Bara seperti Prof. Ilmi Abdullah, Syahril Tambuse, Azwar Hamid, Azrin Marydha, Khairul Muslim, Husin Al-Mahalli dan lain-lain.

Sementara itu Pengurus Besar (PB) IPMBB pada periode berjalan ini, yang terpilih dalam Musyawarah Besar (Mubes) di Kabupaten Batu Bara beberapa waktu lalu, dipimpin Ketua Darmawan Nasution. Tokoh muda yang kini juga berkiprah di bidang usaha perjalanan kelautan ini sebelumnya dikenal sebagai salah seorang mahasiswa Batu Bara di Medan yang aktif menjalin komunikasi dengan kalangan senior di luar kampus.

Selain Prof. OK Saidin dan Bupati Batu Bara, turut menyampaikan kata sambutan pendiri IPMBB Usman Batu Bara, Ketua Korp Alumni IPMBB H. Elfi Haris dan ketua-ketua IPMBB dari masa ke masa yang diwakili Junaidi Arsyad. Selain alumni dan jajaran pengurus, acara dihadiri para mahasiswa asal Batu Bara yang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi terutama yang memiliki kepengurusan komisariat seperti USU, UIN, Unimed, UMSU, UISU, Unpab, Unham, UMN, UNA dan sebagainya.

Juga hadir Ketua NU Batu Bara Bakhtiar Magaza, Ketua KNPI Batu Bara Mukhrizal Arif, M.Pd, Ketua GP Ansor Batu Bara Burhan, pegiat sosial pimpinan Rumah Informasi dan Edukasi (RIE) Batu Bara Wan Azimah, dan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Batu Bara (Ikambara) Yogyakarta Putri Dwi Kusuma yang saat ini masih kuliah di UIN Sunan Kalijaga. (am)