Presiden Jokowi Inginkan Pengawasan Inter Menjadi Motor Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional 2021

Kamis, 27 Mei 2021 | 17:48 WIB
Taput, MPOL: Presiden Joko Widodo pada Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Internal (Wasin) menginginkan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) menjadi motor penggerak percepatan pemulihan ekonomi nasional tahun 2021.
Rakornas Wasin secara virtual itu dihadiri Bupati Taput  Drs. Nikson Nababan, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD yang berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Kamis (27/05).
Presiden RI Jokowi secara resmi membuka Rakornas Wasin tersebut dihadiri beberapa menteri, Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia, Kepala BPKP dan Ketua KPK, Jaksa Agung dan Jajaran TNI/Polri.
Dalam pidato pembukaan, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Nasional  ini sangat penting untuk menjadi perhatian bersama.
 “Peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan secara akuntabel, efektif dan efisien. Mengikuti prosedur itu penting, tapi jauh lebih penting mencapai target yang ditetapkan. Rakyat itu menunggu hasilnya, tidak ada yang disalahgunakan, tidak ada toleransi terhadap penyelewengan anggaran,” ujar Presiden.
Kata Jokowi, tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional agar ekonomi kita bisa bangkit kembali.
Hal yang menjadi perhatian adalah percepatan belanja pemerintah terus dikawal dan ditingkatkan, mencari solusi dan jalan keluar dari masalah, kualitas perencanaan, jelas ukuran keberhasilan dan sasarannya, kawal sinkronisasi, efektivitas pengawasan intern, tuntaskan sampai ke akar masalah sehingga tidak terulang tahun ke tahun.
” Keberadaan APIP untuk membantu mencari solusi, bukan menakut nakuti atau mencari cari kesalahan. Saling koreksi dan saling memperbaiki sehingga perekonomian kita bisa bangkit di tengah Pandemi ini,” tegas Jokowi. **