Poldasu dan Kodam Dapat Pujian Dari Para tokoh Agama atasi Covid-19 di Sumut, Kapoldasu: Mari Bergandengan Tangan Jaga Kamtibmas

Selasa, 7 Desember 2021 | 16:38 WIB

 

Medan,MPOL:  Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, mengajak para tokoh agama dan masyarakat bersama dengan pemerintah daerah TNI dan Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

 

Hal itu dikatakan Irjen Panca Putra Simanjuntak saat bersilaturahmi dengan para tokoh agama di  Hotel Madani Medan, Selasa (7/12).

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dirbinmas Kombes Sofyan  dengan mengambil Tema “Sinergitas Polri Bersama Tokoh Umat Beragama Mendukung Vaksinasi Nasional Guna Meningkatkan Kamtibmas Kondusif”, dihadiri Ketua MUI, FKUB, Walubi, PGI, Uskup Agung Medan, Ketua PHDI, Matakin serta Tokoh Lintas Agama.

Turut mendampingi Kapolda Sumut, Waka Polda Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto, Dir Binmas Kombes Pol Sofyan, Kabid Propam Kombes Pol Donald Simanjuntak, Kabid Humas Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kasat Binmas serta personel Bhabinkamtibmas.

 

“Alhamdulillah Situasi kamtibmas di Sumut kondusif bukan semata-mata karena kehadiran TNI dan Polri tetapi karena kebersamaan yang diwujudkan semua elemen masyarakat yang sangat baik serta mengambil perananan penting,” katanya.

 

Panca mengungkapkan, saat ini grafik penyebaran Covid-19 di Sumut terus mengalami penurunan terkonfirmasi. Hal ini bisa dilihat dari data awal Tahun 2021 dan pasca lebaran. Saat ini Sumut sudah mencapai 61 persen vaksinasi dosis I dan 40 persen dosis II.

 

“Kesadaaran masyarakat untuk mentaati prokes sudah sangat tinggi seperti penggunaan masker, menghindari kerumunan, perayaan pesta. Semua ini berkat peran tokoh agama untuk menyampaikan kepada umatnya dan ini harus terus kita gelorakan ajakan masyarakat untuk menjaga kesehatan,” ungkapnya.

 

Panca juga mengaku optimis untuk memaksimalkan capaian vaksinasi 70 persen dalam mempercepat herd immunity di Sumatera Utara dengan mengandeng seluruh tokoh umat beragama. Dan dunia mengapresiasi Indonesia karena percepatan vaksin yang signifikan.

 

“Saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada semua pemuka agama yang telah menyampaikan sosialisasi dan pemahaman kepada umatnya agar terus menjaga diri dengan tidak keluar rumah saat perayaan natal dan tahun baru,” harapnya.

 

“Mari kita patuhi Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021, semua fasilitas agama agar disiapkan aplikasi pedulilindungi. Polisi tidak melakukam penyekatan tetapi mengajak masyarakat sadar akan pentingnya vaksinasi. Kemudian mengatur kapasitas rumah ibadah, mengatur waktu ibadah. Polda Sumut siap memberikan vaksin langsung di lapangan,” tambah Kapoldasu.

 

Pada kesempatan itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) siap mendukung Kapolda Sumut dalam percepatan vaksinansi di Sumatera Utara.

 

“Semua tokoh agama ada di belakang bapak Kapolda Sumut untuk menyelamatkan masyarakat Sumatera Utara dari terpapar pandemi Covid-19. Terima kasih, Sumatera Utara berkat Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dibuat aman dan kondusif, kita harus menjaga dan merawat itu dengan baik,” pungkas ketua FKUB Prov Sumut.***