PJU di Sibuhuan Mulai Diperbaiki

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Palas, MPOL : Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah jalan protokol Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padanglawas (Palas) yang tidak berfungsi karena kurangnya perawatan, khusus di Jl. KH Dewantara mulai diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum (PU) Palas, Minggu (10/10).

Kepala Dinas PU M. Yani melalui Kabid Cipta Karya Yudi, kepada medanpos Online, mengatakan, sesuai hasil pemeriksaan pihaknya, PJU mulai dari RS Permata Madina hingga Masjid Agung Al Munawaroh telah rusak dan tidak memungkinkan lagi untuk dipakai.

“PJU nya sudah rusak dan baterainya juga hilang, tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki, sehingga akan kita ganti yang baru ke meteran KWH semua,” ucap Yudi.

Ia mengungkapkan, pekerja saat ini masih sebatas pemasangan adaptor listrik saja dan menunggu orderan komponen lampu penerangan jalan itu dari luar daerah agar bisa segera difungsikan.

Sementara itu, terkait PJU di sejumlah jalan protokol lain yang juga tidak berfungsi, Yudi mengakui tidak bisa berbuat banyak dikarenakan keterbatasan anggaran. “Akibat pandemi Covid-19 ini, anggaran di Cipta Karya tidak mencukupi untuk dilakukan perawatan kepada semua PJU itu,” ucap Yudi.

Namun ia menegaskan, pihaknya tetap akan melakukan perawatan pada titik-titik rawan kecelakaan, utamanya sarana fasilitas umum yang dinilai ramai dilalui pengguna jalan.

“Kita berharap masyarakat bersabar dan lebih berhati-hati dalam berkendara utamanya pada malam hari. PJU di jalan protokol Ibukota Sibuhuan pada anggaran 2022 akan kita prioritaskan,” tegas Yudi Harahap. **