Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sampaikan Kajian Wisata Air Sungai Padang Kepada MENPAREKRAF

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:12 WIB

 

Tebing Tinggi, MPOL : Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno melaksanakan kunjungan kerja dengan mengunjungi Rumah Adat Melayu Sri Menanti yang berada di Jalan Badak Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi, Kamis (23/6/2022).

Kedatangan Sandiaga Uno bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah langsung disambut Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Kapolres AKBP Mochamad Kunto Wibisono, mewakili Dandim 0204 D/S, Kejari dan OPD terkait.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi meyampaikan, bahwa Pemko Tebingtinggi sudah membuat kajian terkait pemanfaatan Sungai Padang. Sungai Padang akan kita jadikan sebagai wisata air.

Karena kata Dimiyathi, Sungai Padang yang memiliki lebar lebih dari 20 meter serta kedalaman air rata-rata 6 meter, itu bisa dijadikan destinasi wisata air. Disitu juga akan kita buat konsep area bermain, kuliner, bahkan konsep terakhirnya itu ada restauran terapung yang mengarungi sepanjang Sungai Padang lebih kurang 6 km, katanya.

Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi mengucapkan terimaksih atas kunjungan Menteri Parawisata Ekonomi Kreatif RI ke Kota Tebingtinggi. Kunjungan ini akan menjadi motivasi kami untuk melakukan dan meningkatkan UMKM kami setelah kemarin kita sama-sama ketahui kondisi Covid telah membuat ekonomi kita terpuruk.

“Jadi dengan demikian kami nantinya juga akan berkonsultasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif bagaimana selanjutnya kami mempromosikan produk-produk kami di Tebingtinggi ini,” ujar Pj Wali Kota.

Terkait kajian wisata air Sungai Padang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut baik konsep wisata air Sungai Padang yang dipaparkan Pj Walikota Tebingtinggi.

Menurut Sandiaga Uno, kinsep ini sangat membantu dalam meningkatkan prekonomianasyarakat. Seperti yang telah dikembangkan di daerah Banjarmasin dan Pontianak, dan juga oleh Kairo dengan wisata mengarungi Sungai Nil sambil makan malam katanya.

Dalam kunjungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkesempatan melihat secara langsung kondisi Rumah Adat Melayu Sri Menanti Kota Tebingtinggi.

Sandiaga Uno mengucapkan rasa bersyukur bisa berkunjung kerumah adat Melayu Sri Menanti. “Rumah ini memiliki potensi daya tarik wisata, dimana ada sanggar seni kesenian tari-tarian dan kerajinan kain songket. Selain memiliki sejarah, rumah adat Melayu ini akan mampu membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja,” ucap Sandiaga Uno. **