HUT ke-77 PMI

Pemprovsu Apresiasi Peran PMI Sumut Dalam Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan

Sabtu, 17 September 2022 | 19:46 WIB

Medan, MPOL-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengapresiasi peran Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut membantu masyarakat, termasuk yang membutuhkan darah. Apalagi, diketahui saat ini Sumut tidak pernah lagi kekurangan stok darah. Dan stok darah Sumut sampai saat ini tidak pernah dibawah 1.000 kantong.

“Seperti kata Pak Rahmat Shah, bahwa dulu Sumut ini kalau kekurangan darah pasti mintanya ke Jawa. Dan itu selalu diutarakan Pak Jusuf Kalla. Dan Alhamdulilah, sekarang telah kita buktikan bahwa stok darah PMI di Sumut tidak pernah kekurangan.

PMI selalu hadir kapanpun tanpa diminta. Saat bencana maupun kegiatan sosial lainnya,” kata Wakil Gubenur Sumut Musa Rajekshah saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PMI Sumut di Markas PMI Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (17/9/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua PMI Sumut DR H Rahmat Shah, Pangkosek Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin, mewakili Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Danlanud, Bupati/Walikota se Sumut, BKKBN Perwakilan Sumut, MUI.

Hadir juga Pemuda Pancasila, BKPRMI, Rempala Indonesia, Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Srikandi Pemuda Pancasila, tokoh masyarakat, PMI kabupaten/kota se Sumut, para rektor universitas di Sumut dan Sekolah Nur Ihsan Full Day School, serta mahasiswa UMSU, UINSU, Pancabudi.

Musa Rajekshah juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-77 untuk PMI. Menurut Wagubsu, kehadiran PMI benar-benar telah dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

“PMI selalu hadir tanpa diminta dan tanpa pamrih. Sebagai Ketua PMI Kota Medan, saya juga menyadari bahwa perjuangan kawan-kawan di PMI bukanlah hal yang mudah. Dan saya bersyukur karena sampai hari ini kawan-kawan di PMI tidak pernah menyerah dan tak akan pernah menyerah. Yakinlah niat tulus kita semua akan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Sementara itu, Ketua PMI Sumut Rahmat Shah mengatakan, saat ini jarang sekali stok darah di Sumut kurang dari 1.000 kantong. Itu tidak terlepas dari peran Pemprovsu, TNI/Polri, universitas, perbankan dan dunia industri, yang terus berkontribusi.

“77 tahun PMI telah melalui banyak fase. Besar harapan saya, PMI ini jadi organisasi yang terus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Banyak pihak yang salah mengira PMI itu hadir bukan hanya untuk donor darah saja, melainkan juga hadir membangun masyarakat dari berbagai aspek,” tegasnya.

Rahmat Shah menegaskan bahwa PMI juga hadir saat bencana, termasuk di Sinabung kemarin yang sudah lebih dari 30 juta liter air diberikan kepada pengungsi dan saat ini mobil tangki PMI Sumut masih berada disana.

“Kemudian bencana banjir, gempa bumi dan lain sebagainya. Kita akan selalu hadir dalam hal kemanusiaan,” cetusnya.

Rahmat Shah juga menerangkan bahwa PMI saat ini tengah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi seperti BKKBN, univesitas negeri dan swasta yang bertujuan untuk melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan.

“Seperti mempromosikan Beras Bernotifikasi bervitamin yang dapat mencegah Stunting dan menjaga semangat jiwa dan kesehatan masyarakat banyak. Program ini sudah diakui dunia internasional, baik manfaat dan kegunaan beras bernotifikasi tersebut. Dan ini akan kita salurkan kepada masyarakat awam yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin,” paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia HUT ke-77 PMI, Said Aldi Al Idrus mengatakan dalam rangka memeriahkan HUT PMI pihaknya telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan sosial kemanusiaan yang dimulai Jumat (9/9/2022) yakni pemberian bingkisan kepada 777 fakir miskin dan anak yatim berupa pemberian Beras Fortifikasi Siamo di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli serdang pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti 500 orang dan pembersihan Rumah ibadah sebanyak 770.

Pada hari ini adalah kegiatan Puncak HUT PMI 77 yang dari pagi tadi menggelar jalan santai yang diikuti lebih dari 1000 peserta dilanjutkan penyerahan bingkisan kepada keluarga pengurus, Anggota Dewan Kehormatan yang telah wafat.

Salah satu penerimanya adalah almarhum H Anif Shah yang merupakan dewan kehormatan PMI. Tidak hanya itu, juga diberikan penghargaan kepada pendonor yang sudah 50 kali mendonorkan darahnya, serta penghargaan lainnya.

“Seperti penyerahan penghargaan kepada bupati dan walikota se Sumut yang telah peduli dalam memberikan dukungan kepada PMI di daerahnya seperti Pemkab Labuhanbatu, Deli Serdang, Asahan, Madina, Labura, Medan, Labusel, Tapsel, Dairi, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Langkat, Tebing Tinggi serta Pematang Siantar. Serta launching Beras Fortifikasi Siamo dan acara door price,” ucap Said Aldi.

“Kita harap rangkaian kegiatan ini bisa dirasakan masyarakat sebagai bentuk pengabdian PMI kepada bangsa dan negara.Panitia Hut mengucapkan terima kasih kepada PMI kabupaten/kota dan para donatur yang telah hadir untuk mensukseskan HUT PMI ke 77 Terima kasih juga kepada para peserta yang melebihi 50 kali donor darah yang telah diberikan penghargaan oleh Ketua PMI Sumut”ucap Said Aldi.

“Semua acara ini terlaksana berkat dukungan Pemprovsu dan donatur pungkasnya. (bp)

Redaksi