Pemkab Karo Gelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Tahun 2021

Kamis, 4 Maret 2021 | 18:14 WIB

Kabanjahe, MPOL: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menggelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Karo tahun 2021 di Aula Kantor Bupati Karo, Kamis (4/3). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari 4-5 Maret ini dibuka langsung oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Forum Lintas Perangkat Daerah ini sesuai UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang pelaksanaan peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tersebut.

Dimana pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah yang akuntabel dan juga partisipatif.

Bupati Karo Terkelin Brahmana  menyampaikan bahwa forum ini, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan tahun 2022 dan sebagai tindak lanjut dari Musrenbang Desa dan Kecamatan. Hasil dari forum ini akan menjadi masukan pada perangkat daerah dalam penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah yang selanjutnya akan menjadi masukan dalam penyusunan Rancangan RKPD Kabupaten Karo tahun 2022.

“Maka untuk perencanaan pembangunan tahun 2022 yang akan datang, seluruh usulan program dan kegiatan hendaknya dilengkapi dan didasari dengan data yang akurat. Sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran, efisien dan berkelanjutan”, ujar Bupati.

Bupati mengingatkan hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatian kita bahwa pandemi covid-19 ini telah memaksa kita bagaimana memanfaatkan anggaran dan sumber daya yang ada agar pembangunan tetap berjalan. Inovasi dan kerja keras sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan ini. Manfaatkan anggaran dan kemampuan yang ada seefektif mungkin dan seefisien mungkin.

Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan memakai hand sanitizer dan dapat diikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dari kantor masing-masing perangkat daerah. **