Pelantikan Pengurus PFI Medan Diwarnai Penanaman Eucalyptus di Kampung Sejahtera Oleh P3KS dan UKM JBM

Minggu, 28 Februari 2021 | 19:08 WIB

Medan, MPOL: Pelantikan pengurus Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan periode 2020-2023, yang berlangsung di Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, diwarnai aksi penanaman bibit Eucalyptus, Sabtu, 27 Februari 2021.

Pelantikan PFI Kota Medan, dihadiri Ketua Umum PFI Pusat Reno Esnir; Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M Ayub; Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya;
Kordinator Corporate Communication TPL Dedy Armaya, Ketua PFI Medan terpilih Rahmad Suryadi; Camat Medan Petisah Aga Novriansyah; Founder UKM Jurnalis Bina Mandiri, Fakhruddin Pohan dan Lurah Petisah Tengah, Juni Hardianti serta pengurus Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Medan, serta sejumlah pengurus IPSM.

Seusai pelantikan, para undangan beserta pengurus PFI Kota Medan melakukan aksi sosial penghijauan dipinggiran sungai yang berada di Kampung Sejahtera.

“Penanaman pohon Eucalyptus, untuk mendukung terwujudnya Kampung Sejahtera menjadi Kampung Ecotourism, demi menghilangkan image negatif yang selama ini melekat,” kata Founder UKM Jurnalis Bina Mandiri, Fakhruddin yang akrab disapa Kocu.

Untuk diketahui, berdasarkan riset Eucalyptus menghasilkan minyak atsiri, di mana olahan dari minyak Eucalyptus mampu menangkal penularan virus mematikan covid-19 tersebut. “UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) menggandeng perusahaan pulp, PT Toba Pulp Lestari (TPL), terkait pengadaan bibit Eucalyptus untuk ditanam di perkarangan rumah warga, pinggiran sungai dan sejumlah taman di Kota Medan,” ungkap Kocu.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Sumut, M Ayub, dalam sambutan tertulis mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengaku jurnalis memiliki peran penting dalam pembangunan di Sumatera Utara.

“Sumut butuh peran jurnalis untuk menyampaikan pesan tentang perkembangan pembangunan di Sumatera Utara,” tegas Gubernur Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya dalam sambutannya bercerita menjadi jurnalis banyak keuntungannya, karena memiliki jaringan yang luas. Dirinya mengaku merasa sangat terbantu dengan kehadiran jurnalis yang bekerja keras membantunya pada Pilkada Sergai Tahun 2020 lalu.

Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir mengatakan pelantikan pengurus PFI Medan agak berbeda, membuat pelantikan di perkampungan. Bahkan, PFI Medan berkolaborasi dengan UKM Jurnalis Bina Mandiri dan P3KS untuk merubah imej negatif dari satu perkampungan menjadi Kampung Sejahtera di Kota Medan.

Apalagi, PFI Medan bersama UKM JBM sudah mengedukasi masyarakat Kampung Sejahtera untuk membuat suatu produk sabun dari bahan minyak atsiri Eucalyptus, sehingga nantinya bisa menghidupkan perekonomian masyarakat.

Setelah penanaman bibit pohon eucalyptus, diakhir kegiatan dilakukan pemotongan nasi
tumpeng sebagai perayaan HUT Ke-17 PFI Medan dan penyerahan hadiah pemenang lomba foto yang diikuti oleh anak-anak Kampung Sejahtera.