Pancasila Sudah Final, Anggota DPR/MPR RI Jhoni Allen Marbun Himbau Masyarakat Jangan Terganggu Dengan RUU HIP

Jumat, 17 Juli 2020 | 20:10 WIB

 

Humbahas, MPOL:Anggota DPR/MPR-RI, Jhoni Allen Marbun menghimbau masyarakat untuk tidak terlalu terganggu dengan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia sudah dinyatakan final dan tak perlu diubah. Ia pun mengingatkan kandungan dalam Pancasila itu harus diamalkan.

Hal tersebut dikemukakan Jhoni Allen Marbun saat sosialisasi Empat Pilar MPR-RI kepada masyarakat Pakkat, Parlikitan dan Tarabintang (Papatar) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Gedung Serba Guna HKBP Sihombu, Tara Bintang, Sabtu (11/7/2020) lalu.

Dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dipandu moderator Roy R Simanjuntak, Tenaga Ahli Anggota DPR RI tersebut, Jhoni Allen Marbun menyebutkan Empat Pilar MPR-RI yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sudah final .
Jhoni Allen Marbun menjelaskan, amanat UU MD3 menugaskan anggota MPR-RI untuk mensosialisasikan 4 Pilar MPR-RI yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 dan Ketetapan MPR-RI sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

Dalam paparannya Jhoni Allen Marbun menyampaikan bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara sudah final dan tidak boleh diotak-atik lagi.
Empat Pilar MPR-RI ini selaras dengan philosofi hidup masyarakat Batak yaitu Dalihan Natolu. Somba Marhula-hula bisa kita implementasikan sebagai wujud dari kepatuhan kita kepada Negara dan Konstitusi yang mengaturnya, kita wajib menghormati negara dan konstitusi kita, Manat Mardongan Tubu bisa kita implementasikan dalam hal pergaulan sesama anak bangsa, walau kita berbeda-beda kita harus senantiasa saling menghormati, dan Elek Marboru bisa kita implemantasikan dalam hal berhubungan baik antara masyarakat dengan penyelenggara pemerintahan, harus ada istilah massianjuan tetapi harus juga bisa saling mengingatkan bila ada hal-hal yang kurang pas yang dilakukan oleh pemerintah namun dengan konsep holong. Dengan adanya itu, sehingga kehidupan kita berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dapat berjalan dengan baik.

Disebutkan anggota Fraksi Demokrat DPR RI tersebut, NKRI sudah harga mati. Untuk itu betapa pentingnya empat pilar MPR RI tersebut.  Dengan Empat Pilar Indonesia tetap eksis, kuat karena kita beda-beda bahasa, budaya, agama dan suku.

“Karenannya masyarakat jangan terlalu terganggu dengan RUU HIP, sebab Empat Pilar MPR RI sudah final. Pemerintah  juga tetap memiliki itikad baik bagaimana Indonesia tetap satu”, ujar Anak Guru Dari Desa tersebut.

Dalam acara yang dihadiri Camat Tarabintang Binsar Marbun, Plt. Kades Sihombu Baktiar Pane, tokoh masyarakat Parlilitan Ucok Guntur Marbun, tokoh masyarakat Tarabintang Antonius Marbun, tokoh masyarakat Pakkat serta sekitar 150 warga Papatar tersebut, masyarakat menyampaikan beberapa aspirasi kepada anggota DPR/MPR RI, Jhoni Allen Marbun .

Masyarakat Papatar yang diwakili Camat Tarabintang mengapresiasi Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini. “Salut dengan bapak Jhoni Allen Marbun yang selama ini memang sudah dikenal sangat dekat dengan masyarakat utamanya masyarakat yang tinggal di pedesaan-pedesaan. Beliau selalu aktif memberikan penyuluhan terkait aturan dan undang-undang kepada masyarakat sehingga masyarakat luas dapat makin memahami aturan sebagai warga negara Republik Indonesia. Bapak Jhoni Allen Marbun juga kita kenal sebagai Anggota DPR RI yang sangat rajin turun ke daerah pemilihannya, menjemput dan mendengar aspirasi masyarakat sampai ke pelosok-pelosok Desa untuk diperjuangkan di DPR-RI utamanya dengan mitra kerja beliau di DPR RI”, ujar Camat Tara Bintang Binsar Marbun.

Masyarakat Papatar dalam sesi diskusi berharap agar negara bisa hadir lebih optimal di wilayah Papatar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat berharap supaya negara berkenan menjadikan wilayah Papatar sebagai salah satu sentra lumbung pangan dengan mengelola lahan masyarakat.

Keterbatasan masyarakat selama ini utamanya disebabkan oleh infrastruktur yang terbatas dan mesin-mesin pengolah lahan pertanian yang masih minim dan sumber daya manusia utamanya penyuluh pertanian yang berkompetensi yang dapat membimbing masyarakat petani. Masyarakat juga menyampaikan agar perbaikan jalan Pakkat-Tarabintang bisa mendapat perhatian dari pemerintah, masyarakat juga mengharapkan pertambahan jumlah jembatan gantung untuk menghubungkan  lahan-lahan pertanian masyarakat yang banyak dipisahkan oleh lembah-lembah dan sungai.

Dalam kesempatan itu, Jhoni Allen Marbun menerima semua aspirasi masyarakat dan memohon doa dari masyarakat agar harapan masyarakat Papatar tersebut dapat segera bisa direalisasikan melalui perjuangan di DPR RI.

Jhoni Allen Marbun juga mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Papatar sehingga beliau bisa melanjutkan perjuangan di DPR RI untuk periode ke 4 dan menjadi kewajiban dari Jhoni Allen untuk menampung dan memperjuangkan harapan-harapan masyarakat.

Jhoni Allen juga berpesan agar masyarakat dan pemerintah mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten bisa kompak sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik. “Dos ni roha do sibahen nasaut ai dang adong na so tar patupa debata” katanya mengakhiri.

Acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak. Dalam kesempatan itu Jhoni Allen Marbun juga menghimbau masyarakat Papatar untuk mematuhi himbauan  pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).***