Franc Bernhard Tumanggor Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Pakpak Bharat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:39 WIB

 

Pakpak Bharat,MPOL; Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-77 di Lapangan Napasengkut (Kasean Banurea) di Ibukota Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Rabu (17/8/2022).

Upacara bendera untuk memperingati 77 tahun Indonesia Merdeka itu,diawali dengan barisan pawai bendera para Paskibraka Pakpak Bharat dengan iringan musik marching band pelajar SMPN 1 Salak.

Bendera merah putih kemudian diterima Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin dan ditempatkan ditempat khusus untuk nanti akan dikibarkan dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Ketua DPRD Hotma Ramles Tumanggor saat Membacakan teks Prokamasi di Lapangan Napasengkut.(Foto:Ist)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumangger membacakan naskah teks proklamasi dengan lancar.
Pasukan Paskibraka yang bertugas mengibarkan sang saka kemudian melaksanakan tugasnya dengan baik.

Petugas sebagai pembawa baki bendera ialah siswi SMAN 1 Salak, Eva Lolo Cibro.

Ribuan warga masyarakat yang datang dari sekitar Kota Salak terlihat memadati sisi lapangan.
Animo masyarakat untuk melihat langsung upacara yang tahun ini kembali dilaksanakan dalam skala penuh.

Para Paskibraka saat Menaikkan Bendera Merah Putih di Lapangan Napasengkut.(Foto:Ist)

Sebagaimana diketahui, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI memang dilaksanakan dengan sangat terbatas dalam dua tahun terakhir.
Hal ini terpaksa dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang melanda wilayah negeri.

Pada Tahun 2022 ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana peringatan detik-detik proklamasi hanya bisa kita rayakan dengan langsung dengan tetap menggunakan masker.

“Dengan mulai pulihnya ekonomi bangsa kita, khususnya di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, mari kita bersatu padu, satukan tekad dan gerak langkah, bersatu padu untuk Indonesia maju, Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,”ucap Bupati

Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin saat Menerima Bendera Merah Putih di Lapangan Napasengkut.(Foto:Ist)

Turut hadir dalam upacara ini segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para anggota Veteran RI, Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Junitry Franc Tumanggor, Ketua Pokja unda Paud Pakpak Bharat, Prof. Sri Minda Murni, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan Istansi Vertikal, tokoh-tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Sejumlah hiburan rakyat, marching band, dan aneka hiburan lainnya turut memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi tahun 2022 ini.**