Musrenbang Simanindo Prioritaskan Pembenahan Pariwisata dan Pertanian

Rabu, 12 Februari 2020 | 22:37 WIB

Samosir (medanposonline.com) – Prioritas pembangunan yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo khususnya di wilayah Danau Toba sudah membuahkan hasil dengan Samosir menjadi KSPN (Kawasan Strategi Pariwisata National).

Untuk mencapai itu, pembangunan pelebaran jalan ke Dermaga Ambarita sudah selesai dibangun berikut pembangunan Dermaga Ambarita sudah tuntas dikerjakan. Sedang pelaksanaan pembangunan jalan Maduma Sihusapi akan dikerjakan tahun ini dan sudah dianggarkan di APBN Pusat.

Artinya, pembangunan terintegrasi yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.dimana sampai tahun 2024, pembangunan untuk wilayah Kabupaten Samosir sudah ada dimasukkan dalam agenda Nasional. “Seperti pembangunan infrastruktur yang tidak  masuk di anggarkan di APBD Samosir tapi sudah ditampung dianggaran APBD Pusat,”.ujar Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan.

Kata Rudi, prioritas pembangunan pusat  harus sinkron dengan daerah sehingga program bisa terlaksana dengan baik. “Money Follow Priority Program, artinya uang harus digunakan untuk hal yang prioritas, itulah arahan yang diberikan Bapak Presiden RI Joko Widodo,” katanya sembari menambahkan isu isu strategis yang harus dituntaskan oleh pemerintah adalah penyelesaian pembebasan lahan maupun sengketa dengan masyarakat Samosir harus selesai tahun ini,

Anggota DPRD Samosir Haposan Sidauruk dalam sambutanya yang mewakili daerah pemilihannya meminta agar dana yang dianggarkan Rp 9 milyar untuk Kecamatan Simanindo supaya ditambah, mengingat banyak daerah yang mau dibangun khususnya pariwisata. Kecamatan Simanindo menjadi pilot project pengembangan wilayah pariwisata dimana Tomok Parsaoran,Tomok Induk akan menjadi ikon pariwisata. Hal itu disampaikannnya pada kegiatan Musrenbang Kecanatan Simanindo.

Acara dihadiri Sekda Samosir Djabiat Sagala, Assisten II Saul Situmorang, Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar.beserta seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Simanindo. Rabu (12/02) di Hotel King Ambarita.  (TS. 04)