MTQ Ke-37 Tingkat Provsu di Tebing Tinggi Siap Digelar Dengan Protokol Kesehatan

Selasa, 1 September 2020 | 17:22 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan bersama Ketua Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut Dr Asren Nasution dan Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumut M Fitriyus, menggelar Konferensi Pers, Selasa (1/9/2020) di Anjungan Sri Mersing Lapangan Merdeka.
Konferensi Pers yang juga diikuti Wakil Walikota H Oki Doni Siregar selaku Ketua Panitia dan para OPD terkait menjelaskan tentang persiapan dan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubsu pada tanggal 5 September 2020 mendatang.
Walikota Umar Zunaidi menjelaskan, seluruh peserta Kafilah yang hadir maupun officialnya harus didampingi tim kesehatan dari kabupaten/kota masing-masing. Kemudian mereka juga harus membawa surat hasil rapid test yang hasilnya non reaktif.
“Kalau mereka tidak membawa surat tersebut panitia di sini akan menyediakan rapid test dan jika hasilnya reaktif maka akan dilanjutkan dengan swab test,” tegas Umar Zunaidi.
Walikota menegaskan, MTQ kali ini dilaksanakan dalam situasi pandemi covid-19, kami sampaikan bahwa Tebingtinggi sebagai tuan rumah melaksanakan MTQ ini dengan protokol kesehatan.
Oleh karena itu kami sampaikan, kita melakukan pemeriksaan rapid test kepada seluruh panitia yang ada, dengan tujuan memberikan keyakinan bahwa panitia pelaksana MTQ dalam keadaan sehat. Begitu juga dengan peserta yang datang juga harus dalam keadaan sehat, kata Umar Zunaidi.
Selanjutnya LPTQ Sumut Dr Asren Nasution dalam keterangannya menyampaikan apresiasi kepada Kota Tebingtinggi atas keseriusan dalam menyiapkan kegiatan MTQ Ke-37 Tingkat Provsu.
“LPTQ melihat bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk kembali mengangkat nama baik Sumatera Utara pada level nasional dan internasional. Hasil MTQ ini menentukan wajah Sumatera Utara Pada MTQ Nasional pada November mendatang di Kota Padang Sumbar,” harapnya.
Sementara itu Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumut M Fitriyus  mengatakan, Gubernur tentu merasa bangga dan berharap bahwa salah satu yang disebut ‘Sumut Bermartabat’ itu adalah bagaimana masyarakat Sumut sesuai dengan ajaran dan kepercayaannya masing-masing mau melaksanakan ibadah, mengembangkan agama sesuai ajaran masing-masing.
“Ini salahsatu cermin bahwa pengembangan MTQ adalah aplikasi dari keimanan ummat Islam terhadap ajaran dan agamanya,” kata Fitriyus.
Gubernur Sumut juga berpesan khusus dalam rangka mengikuti kegiatan ini kita belum tau sampai kapan pandemi covid-19 ini berakhir. Maka sesuai dengan Peraturan Gubernur telah ada panduan New Normal tentu dalam suasana kehidupan baru ini tetap kita laksanakan MTQ sesuai dengan.protokol kesehatan, kata Fitriyus. **