Mendadak, Waka Polresta Deli Serdang Periksa Senpi Anggota

Minggu, 2 Februari 2020 | 11:29 WIB

Medanposonline.com – Kapolresta Deli Serdang, Sumatera Utara, melalui Waka Polresta mendadak memeriksa seluruh senjata api (senpi) yang digunakan oleh personelnya di lapangan. Pemeriksaan ini guna mengantisipasi munculnya kasus penyalahgunaan senpi yang berdampak hukum.

Waka Polresta Deli Serdang AKBP Julianto P Sirait, SH, SIK didampingi Kasi Propam Iptu Sutarjo dan Paur Logistik Iptu Manahan Pakpahan, kemarin mengatakan, Pemeriksaan dilakukan secara perorangan terhadap personel pemegang senpi dinas.

“Materi pemeriksaan meliputi masa berlaku identitas pemegang senpi dinas berupa Surat Izin Membawa/Menggunakan Senjata Api (SIMSA), kondisi kebersihan fisik senpi, dan jumlah amunisi yang dipinjam pakaikan,” katanya.

Disebutkan, Pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian. “Tujuan utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polresta Deli Serdang dan Polsek jajaran,” ujar Julianto.

Terpisah, Kasi Propam Polresta Deli Serdang Iptu Sutarjo menjelaskan bahwa terdapat 160 personel tercatat menggunakan senpi dinas di lingkungan Polresta Deli Serdang serta Polsek Jajaran.

“Dari 160 personil tersebut, ada tiga pucuk senpi dinas dari tiga orang personel yang ditarik oleh Propam karena tidak menjaga kondisi kebersihan fisik dari senpi,” jelas Sutarjo. (DS-05)