Tak Kantongi IMB, 6 Unit Bangunan Berdiri di Belawan

Jumat, 27 November 2020 | 15:38 WIB
Belawan, (MPol)
Merasa kebal dari aturan, enam unit bangunan rumah toko (Ruko), berdiri dengan tidak mengantongi surat izin mendirikan bangunan (IMB) di Jalan Selebes Belawan, Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, tepatnya didepan PMB Belawan. Jum’ at (27/11/2020).
 
Akibatnya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan diduga jebol mencapai puluhan juta rupiah, karena bangunan tanpa IMB itu melanggar Perda Kota Medan Nomor 3 tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Perda Kota Medan Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Restribusi Izin Mendirikan Bangunan.
Kasi Trantib Kecamatan Medan Lukman Nulhakim, SH ketika dikonfitmasi  mengatakan, pihaknya sudah sudah tiga kali menyurati pemilik enam ruko tersebut namun tidak pernah diindahkan.
“Kita hanya sebatas menghimbau sedangkan yang punya wewenang mengambil tindakan Perkim dan Satpol PP Kota Medan,” ujar Kasie trantib tersebut.
Disinggung tentang informasi Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Medan telah melayangkan surat merah atau surat pemberhentian pembangunan terhadap enam ruko tersebut, Lukman mengaku belum tahu dan hal itu merupakan kewenangan dinas  tersebut.
“Sampai sekarang kami belum menerima tembusan surat tersebut dan selama ini mereka memang sering tidak koordinasi dengan kami. Jadi kalau benar informasi itu,  masalah bangunan ini sekarang sudah ditangan Dinas Perkim,” ujarnya.
Sementara itu, Kasi Sarpas Kecamatan Medan Belawan Robby Kurniawan mengaku sudah pernah melihat surat merah dari Dinas Pekim Kota Medan untuk pemilik enam bangunan roku dimaksud.
“Jika pembangunan terus berlanjut walau sudah diberi surat merah maka bangunan itu akan dirobohkan atau dibongkar paksa,” tegas Robby.