PWI Sumut Apresiasi PT. Agincourt Resources Gelar Workshop Peningkatan SDM Wartawan

Kamis, 11 November 2021 | 20:29 WIB

Medan, MPOL : PT Agincourt Resources mengadakan workshop Penerapan Jurnalisme Lingkungan sesuai Hukum Pers, Kode Etik, UU Pers dan ITE di Hotel Santika Dyandra Premiere Medan, Kamis (11/11/2021).

Workshop menghadirkan nara sumber Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Sutomo (LPDS), Hendrayana, IGG Maha S Adi dari LSM Lingkungan CI, Lestantya R Baskoro dan AA Aribowo dari LPDS.

Workshop mengangkat materi Memahami Keanekaragaman Hayati dari Faedah ke Regulasi, Hukum Pers Kode Etik Jurnalistik, UU Pers dan ITE, Membuat Berita Lingkungan yang Menarik, Persiapan Penulisan dan Reportase Lapangan, dan Penjelasan tentang Karya Tulis.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), H. Farianda Putra Sinik, yang hadir pada acara penutupan, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan workshop ini.

Dia menyebutkan peningkatan SDM (sumber daya manusia) wartawan juga menjadi bagian dari program PWI Sumut ke depannya.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT Agincourt Resources yang konsisten memberikan kontribusinya untuk mengembangkan SDM wartawan di Sumatera Utara. Saya berharap hal yang sama juga dapat dilakukan oleh perusahaan sejenis lainnya,” kata Farianda.

Iya juga menyampaikan apreasiasi dan sangat berterimakasih kepada Tambang Emas Martabe karena sudah menghadirkan narasumber yang luar biasa.

Dia menambahkan, keterlibatan perusahaan swasta dalam peningkatan SDM wartawan berarti membantu PWI Sumut. Sebab PWI Sumut memiliki 10 program utama, yakni 1 sampai dengan 9 adalah peningkatan SDM wartawan. Dan yang kesepuluh meningkatkan kesejahteraan wartawan anggota PWI Sumut.

“Tentunya kita berharap kegiatan yang sangat bermanfaat bagi wartawan ini terus ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitasnya,” ujar Farianda.

Sementara itu, mewakili Director of Engineering PT Agincourt Resources, Ruli Tanio, Katarina Siburian Hardono selaku Senior Manager of Corporate Communication, mengatakan mengangkat tema tentang lingkungan dalam workshop ini benar-benar menantang.

Menurut Katarina yang akrab disapa Katy ini, perusahaan tambang punya banyak kepentingan untuk mengangkat tema-tema lingkungan dan alam serta kenaekaragaman hayati di lingkungan tambang.

“Kami berharap melalui workshop jurnalisme lingkungan bisa dituangkan menjadi pruduk jurnalistik yang menarik,” ujar Katy, seraya menambahkan Tambang Emas Martabe kini berusia 9 tahun, dan tahun depan akan menginjak 10 tahun. (Ki)