Kapasitas 1000 Siswa

Primkop TKBM Belawan Akan Bangun SMU Unggulan di Lahan 25 Ha

Senin, 4 Juli 2022 | 16:55 WIB

Belawan, MPOL-Sekolah unggulan setingkat SMU (Sekolah Menengah Umum) yang akan dibangun oleh Primkop (Primer Koperasi) TKBM Pelabuhan Belawan dikawasan Kabupaten Tapanuli Utara Kecamatan Parmonangan nantinya mampu menampung 1000 orang siswa/siswi.

Hal itu dikatakan Sabam Manalu selaku Ketua Primkop TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) Pelabuhan Belawan disela-sela Launching Single Truck Identification Data (STID) dan Simon TKBM di Pelabuhan Belawan yang digelar di kantor Pelindo Medan di Jalan Pelabuhan Raya Belawan. Senin (4/7).

“Secepatnya dalam tahun ini (2022-red) kita akan segera melaunching program ini Kodam I/BB sebab dalam hal ini, mereka adalah pembina dan nantinya TKBM akan kita undang untuk hadir disana, jadi kita hanya menunggu persetujuan dari Kasad kalau yang lain tidak ada masalah lagi, ” ucapnya.

Fasilitas yang nantinya akan kita bangun disekolah tersebut, ucap Sabam Manalu lebih lanjut, diantaranya ruang kelas, ruang laboratorium, kantor, ruang asrama dan fasilitas-fasilitas lainnya.

“Lahan yang akan kita pergunakan seluas 25 Ha dengan daya tampung sebanyak 1000 orang, yang nantinya siswa/siswinya adalah anak-anak dari TKBM Pelabuhan Belawan dan semua kita gratiskan seperti uang sekolah, asrama, uang makan dan fasilitas tranportasi untuk pulang dan pergi, ” ungkapnya.

Sambungnya, pembinanya nanti di sekolah tersebut pihak Kodam I/BB, karena kita belum mampu dan kita nyakin nantinya disana anak-anak akan menjadi lebih disiplin, sebab kita (Primkop TKBM-), akan fokus mengurus kinerja buruh TKBM karena itu bukan keahlian kita, termasuk juga guru-guru yang akan menjadi tenaga pendidik disana yang menyeleksi langsung adalah Kodam I/BB karena kita ingin disekolah unggulan itu nantinya memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

“Kita harapkan, kedepan anak-anak TKBM ini tidak lagi menjadi buruh seperti kami para orang tuanya, kami ingin anak-anak kami itu nantinya bisa mengangkat harkat dan martabat TKBM khususnya keluarga mereka masing-masing,” pungkas Sabam Manalu.
(Top)