Diduga Serobot Jalur Hijau

LSM Pelabuhan Mega Tera Indonesia Minta Walikota Medan Bongkar Pagar PT Uniland

Kamis, 10 Juni 2021 | 16:48 WIB

Belawan, MPOL – Pengurus LSM Pelabuhan Mega Tera Indonesia, RM Christo H meminta Walikota Medan membongkar pagar beton milik PT Uniland yang terletak di Jalan Raya Pelabuhan Belawan karena diduga telah menyerobot (memagari) jalur hijau yang seharusnya dikelola oleh pemerintah (Pemko Medan-Red).

“Kita bukan mempermasalahkan surat tanah (lahan-red) mereka, tapi yang kita permasalahkan, dia menyerobot dan memagar jalur hijau, itu tanah pemko yang dipagarinya,” ucap RM. Christo H, pada MPOL, Kamis siang (10/6/2021) pukul 12:12 WIB.

Katanya lebih lanjut, apakah tanah pemko atau jalur hijau itu juga masuk kedalam surat sertifikat milik mereka dan apakah pemagaran itu juga diketahui oleh Camat atau Lurah disana. Kalau memang jalur hijau itu masuk kedalam sertifikat mereka, maka pertanyaan apakah surat sertifikat tanahnya yang menyalahi atau jalur hijaunya yang salah, kita perlu kejelasan untuk ini. Sebab kita sudah lihat bagaimana para pedagang kaki 5 yang digusur karena memanfaatkan jalur hijau di kota belawan dan sekitarnya.

“Kita ingin kita ketahui, kalau memang ada izin pemagarannya, izinnya darimana serta apa dasar izin pemagaran itu dikeluarkan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Belawan Subhan Fajri Harahap ketika kembali dikonfirmasi melalui pesan singkat (Whatsapp) yang dikirim ke ponselnya mengatakan berdasarkan keterangan dari Keplingnya bahwa tembok itu dibangun pada tahun 2014 hingga 2015 lalu, saat itu saya belum menjadi Camat disana (Belawan-red) dan berdasarkan penguasaan hak kepemilikan tanah, PT. Uniland memiliki sertifikat.

“Sertifikat mereka tahun 2015, cuma itu info dari Lurah Belawan II,” pungkas Camat Belawan itu.

Terpisah, Suryanti yang disebutkan sebagai sekretaris di PT Uniland ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp tidak bersedia memberikan jawaban, demikian juga ketika dikonfirmasi melalui panggilan telepon tidak ada jawaban walaupun panggilan sudah berulang kali dilakukan dan nada panggilan masuk terdengar berdering dari seberang. (Top)